188 Calon Kepala Kampung Tulang Bawang Janji Damai, Berikut 5 Poin Penting yang Ditandatangani

188 Calon Kepala Kampung Tulang Bawang Janji Damai, Berikut 5 Poin Penting yang Ditandatangani

Para calon Kakam menandatangani deklarasi damai-Humas Polres Tulang Bawang-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 188 orang calon kepala kampung (Kakam) yang akan berkontestasi pada pemilihan kepala kampung (Pilkakam) Tulang Bawang Tahun 2023, berjanji akan menciptakan suasana damai.

Sebelum tiba hari pencoblosan pada tanggal 20 September 2023 mendatang, 188 orang calon Kakam telah menandatangani deklarasi damai.

Deklarasi damai yang telah ditandatangani 188 orang calon Kakam tersebut berisi 5 poin penting.

Pertama, para calon Kakam sepakat untuk siap menang dan siap kalah, serta menerima seluruh hasil keputusan dari seluruh proses tahapan Pilkakam.

Kedua, para calon Kakam bersedia tidak melakukan black campaign (kampanye gelap), money politik, menyebarkan isu sara, dan berita hoaks dalam pelaksanaan Pilkakam. 

Para calon Kakam juga berjanji melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, siap berkompetisi dengan menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran, serta mengedepankan etika dan moral selama pelaksanaan Pilkakam serentak tahun 2023.

Ketiga, para calon Kakam sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkakam serentak tahun 2023.

Keempat, para calon Kakam dan para pendukung tidak akan berbuat anarkis, dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkakam serentak tahun 2023.

Kelima, para calon Kakam tidak akan melakukan pelanggaran hukum, baik pidana maupun perdata dalam tahapan Pilkakam. 

Sebagai calon Kakam, bilamana mengingkari apa yang telah dinyatakan dalam deklarasi yang disepakati bersama, maka mereka siap diproses secara hukum baik pidana/perdata, serta kesepakatan ini bisa dijadikan pembuktian oleh aparat penegak hukum.

Deklarasi damai tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak tahun 2023 di Tulang Bawang berjalan lancar dan sukses.

Diketahui, Pilkakam Tulang Bawang sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2023 di 67 Kampung dan diikuti oleh 188 orang calon. 

Kapolres Tulang Bawang AKBP Jibrael Bata Awi menjelaskan, deklarasi damai ini sebagai bentuk perjanjian antara Pemkab Tulang Bawang dengan para kontestan calon Kakam. 

Jika terjadi sesuatu yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, Polres Tulang Bawang akan bertindak tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: