Unila Gelar Kuliah Kebangsaan, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa

Unila Gelar Kuliah Kebangsaan, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa

Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan Kuliah Kebangsaan bertema "Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing"--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan Kuliah Kebangsaan bertema "Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing", di GSG kampus setempat, Senin, 18 September 2023.

Kegiatan yang menghadirkan sejumlah pemateri ini digelar selama dua hari. Yakni Senin dan Selasa, 18-19 September 2023.

Pada hari pertama, kuliah umum ini menghadirkan Kasubdit Lingdik Dit. Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Mar. Rachmat Djunaidy dan Analis Madya Bidang Sosbud Dit. Bela Negara, Letkol Arm. Wahyu Jati Purnawan.

Dalam kuliahnya, Kasubdit Lingdik Dit. Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Mar. Rachmat Djunaidy sempat memaparkan berbagai pemberontakan yang sempat terjadi di Indonesia. 

BACA JUGA:Mantap! Pendapatan Lampung Barat Pada APBD Perubahan Naik Rp 10 Milyar

Beliau juga membahas terkait konflik antar negara, termasuk wabah COVID-19 yang sempat mengacam seluruh negara di dunia dan merupakan bagian dari keadaan dunia saat ini.

Fenomena lain yang juga menarik untuk dibahas yakni terkait kenakalan remaja yang sering terjadi di masyarakat.

Mulai dari peningkatan kekerasa antar remaja, konflik antar kelompok remaja, hingga berdampak pada penurunan etos kerja dan lain-lain.

"Anak-anak muda yang ada saat ini adalah kader bangsa untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik," katanya. 

BACA JUGA:Simak! Ini Cara Membeli Materai CPNS Lengkap dengan Pemasangannya

Dirinya juga menegaskan, bela negara merupakan tugas semua masyarakat sebagai bangsa indonesia dan bukan tugas perorangan.

"Yang dibela apa? Yang dibela, yakni kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan rakyat. Jangan sampai negara ini terpecah menjadi beberapa negara dan terpisah-pisah," tambahnya.

Wakil Resktor I Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T. dalam sambutannya menyampaian, sebelum menggelar Kuliah Kebangsaan, civitas Unila juga telah melaksanakan kegiatan Kirab Merah Putih.

Kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 06.30 sampai 08.00 wib dan diikuti sebanyak 3.900 mahasiswa dengan mengarak bendera merah putih sejauh 2,1 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: