Savana di Danau Minyak Suoh Lampung Barat Terbakar, Ini Penyebabnya

Savana di Danau Minyak Suoh Lampung Barat Terbakar, Ini Penyebabnya

Kebakaran di TNBBS Suoh Lampung Barat--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kebakaran terjadi di padang savana pada titik kordinat UTM X.0419037 Y.9420903 di sekitar danau minyak, Pekon Suka Marga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat (Lambar), Selasa malam 19 September 2023.

Penyebab kebakaran di Padang Savana Suoh Lampung Barat itu, karena faktor alam. Dimana akibat kemarau panjang yang terjadi terjadi gesekan ilalang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Amri, SH, M.Hum., melalui Kepala TNBBS Resort Suoh, Sulki, S.H.

Dia menjelaskan, saat terjadi kebakaran, petugas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Bidang Wilayah II Liwa, Resort Suoh Kabupaten Lampung Barat, melakukan pengecekan di lokasi kebakaran padang savana di sekitar danau minyak, Pekon Suka Marga, Kecamatan Suoh.

BACA JUGA:Bingung Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Youtuber Pemula, Simak Tips Dan Cara untuk Cepat Sukses Berikut

Pada pengecekan itu, dilakukan untuk memastikan tidak ada bara api yang tersisa yang bisa memicu kembali terjadinya kebakaran, serta untuk memastikan ada tidaknya satwa dilindungi yang terjebak dalam kebarakan yang terjadi.

Hasil pengecekan pada Rabu pagi 20 September 2023, tidak ditemukan adanya bara api yang tersisa maupun satwa dilindungi yang ikut terbakar dalam musibah yang terjadi.

"Alhamdulillah api sudah padam dan juga satwa dilindungi tidak ada yang terbakar," ungkap Sulki, saat dikonfirmasi via phonselnya.

Sementara, terkait penyebab kebakaran yang terjadi, menurutnya itu disebabkan karena faktor alam, dimana akibat kemarau panjang yang terjadi terjadi gesekan ilalang.

BACA JUGA:Update Tarif Tol Terbaru 2023 Ruas Trans Sumatera Mulai dari Lampung Sampai Aceh

"Faktor alam kemarau dan gesekan ilalang kebetulan juga berada di gemburak panas bumi, dimana banyak ditemukan titik panas letusan di sekitar lokasi kebakaran," kata Sulki.

Pada saat kebakaran, sambung Sulki, Tim melakukan pemadaman yang terdiri dari TNBBS, MMP, Babinkamtibmas, Babinsa, Satgas PB Pekon, aparatur pemerintahan pekon dan juga masyarakat.

"Alhamdulillah, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.30 Wib berhasil kami padamkan pada pukul 20.00 Wib, pemadaman cepat dilakukan meski dengan alat seadaanya, namun dengan kerjasama yang baik membuahkan hasil," Katanya.

Sementara, Camat Suoh, Dapet Jakson, S.Sos., mengatakan, wilayahbtersebut menjadi salah satu wilayah yang rentan terbakar saat musim kemarau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: