Kebun Raya ITERA Tampilkan Koleksi Hingga Inovasi di Pameran Riset dan Inovasi InaRI Expo 2023

Kebun Raya ITERA Tampilkan Koleksi Hingga Inovasi di Pameran Riset dan Inovasi InaRI Expo 2023

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kebun Raya Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di bawah pengelolaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Flora Sumatera ITERA, menampilkan berbagai inovasi produk riset yang dilakukan, dalam ajang Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2023.

Kegiatan ini di selenggarakan Badan Riset dan Inovasi (BRIN), di ICC Building KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, 20 – 23 September 2023.

Dalam ajang pameran riset dan inovasi terbesar di Indonesia tersebut, stan Kebun Raya ITERA juga menyajikan berbagai produk inovasi yang dapat dinikmati pengunjung, salah satunya teh gaharu yang berasal dari daun pohon gaharu yang menjadi tanaman khas Kebun Raya ITERA.

Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc., turut mengunjungi stan Kebun Raya ITERA. Di sela kunjungan tersebut, selain berdiskusi terkait pengembangan Kebun Raya di bawah perguruan tinggi, bersama Kepala UPT Konservasi Flora Sumatera.

BACA JUGA:Update Tarif Tol Terbaru 2023 Ruas Bakauheni Sampai Palembang

Kepala BRIN juga sempat menyicipi suguhan teh gaharu, dan menilai rasa teh gaharu enak dan unik, sehingga inovasi tersebut dapat terus dikembangkan.

Kepala BRIN menyampaikan siap mendukung kegiatan riset dan inovasi di ITERA, dan berharap pengembangan Kebun Raya di dalam perguruan tinggi, dapat melahirkan banyak riset dan inovasi yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kepala UPT Konservasi Flora Sumatera/ Kebun Raya ITERA Alawiyah, S.P., M.Hut., menyampaikan, partisipasi Kebun Raya ITERA dalam InaRI Expo, menjadi ajang mengenalkan Kebun Raya ITERA secara luas kepada masyarakat, baik secara fungsi hingga kegiatan riset dan inovasi yang telah dilakukan.

Sebab menurut Alawiyah, Kabun Raya ITERA, mengkombinasikan lima fungsi kebun raya dengan pemanfaatan teknologi, untuk mewujudkan Kebun Raya ITERA sebagai Smart Botanical Garden di Indonesia.

BACA JUGA:Transaksi Jadi Lebih Mudah, Begini Cara Membuat Akun DANA Premium

Dalam pameran tersebut, Kebun Raya ITERA menampilkan beragam produk mulai dari aneka tanaman khas Sumatera koleksi Kebun Raya ITERA, sensor khusus yang diterapkan pada smart farming system ITERA untuk penyiraman dan pemberian nutrisi pupuk tanaman.

Kemudian, inovasi media tanam anggrek dari limbah kelapa sawit, produk pupuk organic yang dihasilkan dari Integrated Waste and Agro Center (IWACI) ITERA, hingga produk kulit ramah lingkungan berbahan baku tumbuhan, dan beberapa aplikasi Kebun Raya ITERA. 

Kegiatan InaRI Expo 2023, kali ini diselenggarakan bersamaan dengan Electric Motor Show (EMS) 2023.

Dalam pembukaan InaRI Expo dan EMS 2023, Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc., menyampaikan, kegiatan tersebut menunjukan komitmen bersama antara BRIN dan berbagai pihak pendukung penyelenggaraan kegiatan yang peduli akan peran IPTEK, riset dan inovasi untuk kemajuan bangsa Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: