Maksimalkan Kinerja Mahasiswa, Unila Kaji Ulang Kurikulum 2023

Maksimalkan Kinerja Mahasiswa, Unila Kaji Ulang Kurikulum 2023

PPK-MBKM dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Monitoring dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di ruang sidang satu rektorat, Kamis, 3 Agustus 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pusat Pengembangan Kurikulum dan Manajemen Belajar Kampus Merdeka (PPK-MBKM) dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Monitoring dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di ruang sidang satu rektorat, Kamis, 3 Agustus 2023.

Monev dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., Ketua LP3M Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., dan Ketua Pusat PPK-MBKM Dr. Neni Hasniunidah, M.Si., para kaprodi, serta sekretaris jurusan.

Prof. Abdurrahman dalam laporannya mengungkapkan pentingnya menyesuaikan kurikulum dengan delapan kegiatan mahasiswa di luar lingkungan kampus.

Kegiatan-kegiatan ini meliputi magang bersertifikat, studi independen, kampus mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), pertukaran mahasiswa merdeka, membangun desa, proyek kemanusiaan, riset atau penelitian, dan wirausaha.

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Lampung Siapkan Rekrutmen PPPK 2023, Terbanyak Dari Formasi Tenaga Guru

“Saat ini, kita perlu melihat apakah setiap prodi dan fakultas sudah mengakomodasi kegiatan-kegiatan ini dalam kurikulum mereka. Aspek ini sangat penting agar mahasiswa bisa memiliki capaian kelulusan yang sesuai dengan kebutuhan saat mereka kembali ke masyarakat,” ujar Abdurrahman.

Sambutan yang disampaikan Dr. Suripto Dwi Yuwono juga menyoroti pentingnya evaluasi terhadap kurikulum prodi.

Menurutnya, salah satu kendala yang dihadapi yaitu mahasiswa belum dapat menyelesaikan masa studi delapan semester atau empat tahun studi, meskipun inti kurikulum hanya berlangsung selama lima semester dengan tambahan tiga semester pilihan dan penyusunan tugas akhir.

“Penting bagi kita untuk melakukan evaluasi mendalam, terutama saat mendekati kelulusan mahasiswa. Penyusunan tugas akhir menjadi PR kita, bagaimana kurikulum dapat adaptif mengikuti perkembangan zaman dan materi yang relevan. Ini juga menjadi indikator pencapaian dari universitas,” tegasnya.

BACA JUGA:Daftar Kapolres Polda Aceh Terbaru 2023, Ada yang Pernah Tugas di Lampung

Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi kurikulum tahun 2023 ini, Universitas Lampung menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan.

Diharapkan hasil evaluasi ini akan membawa perubahan positif bagi kesuksesan karier para mahasiswa serta memberikan kontribusi lebih besar bagi masyarakat luas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: