Paguyuban Pujakesuma Gelar Pesta Rakyat untuk Merajut Kebhinekaan di Momen Hari Kesaktian Pancasila

Paguyuban Pujakesuma Gelar Pesta Rakyat untuk Merajut Kebhinekaan di Momen Hari Kesaktian Pancasila

Suasana doa bersama lintas agama pada Pesta Rakyat yang digelar Paguyuban Pujakesuma Provinsi Lampung di halaman Stadion Mini Kalpataru, Kemiling, Bandar Lampung.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Paguyuban Pujakesuma Provinsi Lampung menggelar pesta rakyat di halaman Stadion Mini Kalpataru, Kemiling, Bandar Lampung.

Pesat rakyat ini mengusung tema Dengan Semangat Kesaktian Pancasila Kita Sampaikan Doa Lintas Agama dan Penampilan Seni Budaya Demi Merajut Kebersamaan.

Ketua DPW Pujakesuma Lampung Ki. Hi. Nuryono mengatakan, pesta rakyat ini telah digagas sejak lama oleh pihaknya dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Pesta rakyat yang digelar Pujakesuma Lampung ini mengumpulkan paguyuban-paguyuban seni budaya, lintas agama, dan tokoh-tokoh yang ada di Lampung.

BACA JUGA:Rumor Render Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Plus, Desain Keren Dengan Sokongan Dapur Pacu Mumpuni

"Kita juga kumpulkan seluruh tokoh-tokoh masyarakat, agama, budaya, dan seluruh masyarakat disini. Judulnya pesta rakyat," ujar Ki Hi Nuryono.

Tujuan dari pesta rakyat ini, kata Ki Hi Nuryono untuk merangkul semua kalangan dan merajut kebhinekaan jelang menghadapi tahun politik di 2024 ini.

"Karena melihat situasi saat ini jelang musim politik agak terpecah. Makanya kita kumpulkan di sini, kita tidak memandang partai apa, baik caleg apa. Semua kita undang," ucapnya.

Lanjut Ki Hi Nuryono, harapan dan pesan kepada masyarakat kedepan meski nanti di tahun politik mendatang ada perbedaan pilihan, tetap mengedepankan persaudaraan.

BACA JUGA:Cair Mudah! Dana Siaga BPJS Ketenagakerjaan Siap Berikan Pinjaman Mendesak

"Walau ada perbedaan, perseduluran tetap kita utamakan," tuturnya.

Dijelaskan, pesta rakyat ini berlangsung, pada Sabtu 30 September 2023 malam dan kuda lumping pada Minggu 1 Oktober 2023.

"Rangkaian acara, mulai dari seni budaya Lampung, seni budaya Sunda, seni budaya Jawa, Minang, Bali, hingga ada Barongsai," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pesta rakyat yang digelar Pujakesuma Lampung ini berkolaborasi dengan pelaku UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: