ITERA Siapkan Satgas Atasi Potensi Pelecehan di Kampus

ITERA Siapkan Satgas Atasi Potensi Pelecehan di Kampus

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Isu pelecehan seksual di kampus memang kerap muncul dari berbagai pemberitaan yang ada.

Berbagai jenjang usia kerap menjadi korban, bahkan di lingkungan sekolah dan kampus.

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar Seminar Pelecehan Seksual dengan judul Menciptakan Kenyamanan Di Lingkungan Kampus ITERA yang digelar di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Ada beberapa pemateri yang dihadirkan. Mulai dari Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro; Aprilliati Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung; Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung; IKADIN Lampung dan Satgas pelecehan kekerasan seksual (PPKS) yang ada di ITERA.

BACA JUGA:Pastikan Tidak Ada Kadis Non Job! Sekkab Lampura Lekok: Jangan Percaya Isu Tidak Bertanggungjawab

Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro mengatakan dari data Kementerian PPPA pada tahun 2022 menyebutkan 11 ribu lebih kasus kekerasan seksual.

Ini yang tercatat namun seperti di ketahui kasus banyak yang lebih tidak tercatat.

"Dari 11 ribu kasus 9500 lebihbkasus terjadi pada anak, artinya pada usia sekolah. Ini angka yabg meningkat jauh dibandingkan tahun sebelumnya. Angka memperihatinkan dan menunjukkan kasus kekerasan seksual yang dulu banyak tersembunyi nampaknya sekarang sudah banyak di laporkan," katanya.

Selain itu, angka catatan komnas perempuan di mana 2022 komnas perempuan mencatat total kekerasan pada perempuan 65 persennya adalah kekerasan seksual. 

BACA JUGA:Tangan Diborgol, Mantan Kasatnarkoba Polres Lamsel Menunduk Hindari Kamera Wartawan

"Perempuan memang memiliki kerentanan yang tinggi atas kerasan seksual. Termasuk di dunia pendidikan tinggi juga rentan terjadi kekerasan seksual. Bentuknya juga beragam, bahkan sudah dikenal secara umum," katanya.

Karenanya, upaya mencegah kekerasan seksual harus diketahui banyak pihak, agar kita bisa mencegah korban yang semakin banyak lagi.

"Karena saat ini kekerasan seksual bukan hanya menyerang fisik dan psikis korban tapi mengancam hak-hak dia kedepannya," katanya.

Kekerasan seksual memang kerap membuat para korban takut melapor. Karenanya ITERA sejak 2022 mendirikan Satgas PPKS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: