Mahasiswa Unila Lakukan Trobosan Pembangunan Dengan Manfaatkan Pengelolahan Limbah Terpadu Zero Waste

Mahasiswa Unila Lakukan Trobosan Pembangunan Dengan Manfaatkan Pengelolahan Limbah Terpadu Zero Waste

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) berhasil mendapatkan pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang tahun 2023.

Kali ini yang berhasil mendapatkan pendanaan ialah Tim PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) yang mengusung isu tentang pengelolaan sampah di Indonesia melalui video gagasan konstruktif.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia.

Ketua PKM-VGK Unila 2023 Indah Ayu Lestari mengatakan, gagasan PKM-VGK bermula dari fakta sampah dan pengelolaannya kini menjadi masalah yang kian mendesak di Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Rincian Titik Hotspot Lampung Tahun 2023, Tak Disangka Ada Kabupaten yang Mencapai 1.221 Lokasi

"Karenanya dalam upaya mengatasi masalah ini, tim PKM-VGK Unila mengusulkan pembangunan gedung pengelolahan limbah terpadu dengan sistem zero waste," kata Indah.

Indah melanjutkan, persoalan sampah ini apabila tidak dilakukan penanganan secara optimal akan mengakibatkan perubahan keseimbangan lingkungan yang merugikan serta mencemari lingkungan baik air, tanah, dan udara.

“Kami berharap video gagasan konstruktif ini dapat memberikan manfaat besar bagi Indonesia dan berkontribusi pada pengembangan inovasi pengelolaan limbah organik dan anorganik di negara ini," katanya.

Dia melanjutkan, konsep ini tidak hanya mendukung penanggulangan perubahan iklim tetapi juga membantu mengelola sampah yang tidak terkelola dengan baik.

BACA JUGA:388 Calon Siap Jadi Kontestan Pilkades Serentak Lamtim

"PKM-VGK berfokus pada pemecahan masalah secara konstruktif dan berkelanjutan, serta mengomunikasikan solusi melalui konten di media sosial," katanya.

Dalam gagasannya juga, tersusun tata kelola futuristik yang konstruktif sebagai bagian dari upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Dalam PKM ini, tim PKM-VGK mengambil tema pengelolaan limbah organik dan non-organik berkelanjutan dengan judul “Waste Management Smart Buildings: Pengelolaan Terpadu Limbah Pertanian dan Plastik Berbasis Sistem Zero Waste.”

Mereka fokus pada beberapa tujuan SDGs, termasuk SDGs No. 7 “Affordable and Clean Energy“, No. 9 “Industry, Innovation, and Infrastructure“, No. 11 “Sustainable Cities and Communities“, serta SDGs No. 13 “Climate Action“.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: