Pemkab Mesuji Kebut Program Peneranga Listrik di Desa-desa

Pemkab Mesuji Kebut Program Peneranga Listrik di Desa-desa

Jaga Kualitas Layanan dan Keamanan Kelistrikan, --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji terus mengejar program yang ada di Kementerian dan Pemerintah Pusat Bukan hanya Pembangunan Infrastruktur jalan yang menjadi perhatian serius namun terkait masalah penerangan atau listrik masuk desa yang di butuhkan masyarakat di Kabupaten Mesuji.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji Sulpakar menyampaikan usulan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) sebanyak 1.090 rumah tangga tidak mampu berdasarkan usulan dan validasi yang di lakukan di desa.

Kemudian usulan tersebut di sampaikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di Jakarta

“Alhamdulillah, usulan yang kita ajukan mendapat tanggapan dan jawaban dari kementerian ESDM Republik Indonesia,” kata Welly, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Energi Baru Terbarukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, Jumat (13/10/2023).

BACA JUGA:Breaking News, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung Terbakar Malam Ini

Welly menambahkan, Kabupaten Mesuji di Tahun 2023 mendapat kuota 271 Rumah Tangga dan sisanya 819 Rumah Tangga untuk anggaran di tahun 2024.

Selain itu dia memaparkan, adapun bantuan yang di berikan oleh kementerian ESDM Republik Indonesia antara lain Pemasangan Instalasi Tenaga Listrik Lampu LED 10 watt 3 buah saklar, stop kontak dan Aksesoris Lainnya).

Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi Tenaga Listrik, Penyambungan Baru (Daya 900 Watt), Pengisian Token Listrik Perdana.

Untuk di Kabupaten Mesuji Tahap Awal Yang sudah terlaksana yaitu di Kecamatan Mesuji antara lain Desa Sidomulyo dan 6 Rumah Tangga yang dalam proses pekerjaan pemasangan instalasi listrik.

BACA JUGA:Gerakan Penanaman Mangrove Serentak di 35 Titik Oleh Humas Polri

Mulyasari 10 Rumah Tangga, Suka Maju 20 Rumah Tangga, Tanjung Serayan 29 Rumah Tangga kemudian Kecamatan Tanjung Raya di Desa Keagungan Dalam 33 Rumah Tangga, Desa Gedung Mulya 33 Rumah Tangga.

Desa Tanjung Harapan 9 Rumah Tangga, Sri Tanjung 10 Rumah Tangga, di Kecamatan Pancajaya Desa Fajar Indah 12 Rumah Tangga dan di Kecamatan Mesuji Timur Desa Dwi Karya Mustika 11 Rumah Tangga, sisanya menunggu SK Penetapan dari Kementerian ESDM.

“Untuk saat ini sedang dilakukan Pemasangan Kwh Gratis di Desa Keagungan Dalam Kecamatan Tanjung Raya dan sudah 80 ℅ di lakukan pemasangan Kwh dari seluruh kuota yang diberikan untuk Kabupaten Mesuji,” jelas Welly

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, bahwa untuk tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji kita usulkan ke Kementerian ESDM, total ada 1.090 Rumah Tangga, memang semua di lakukan secara bertahap, 271 Rumah Tangga Tahun 2023 jadi mohon bersabar untuk Kecamatan yang lain yang belum di lakukan BPBL (Bantuan Pemasangan Baru Listrik) di Tahun 2024 kuotanya 819 Rumah Tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: