Catat! 8 Bahaya Makan Tengah Malam yang Tidak Boleh Diabaikan

Catat! 8 Bahaya Makan Tengah Malam yang Tidak Boleh Diabaikan

Inilah bahaya makan tengah malam yang harus diketahui.-FOTO/PEXELS-pexels

Night Eating Syndrome (NES) merupakan gangguan makan yang terjadi bersamaan dengan gangguan tidur.

Orang yang mengalami sindrom ini merasa tidak bisa tidur tanpa makan. Hal ini menyebabkan mereka terbangun beberapa kali dalam satu malam sehingga merasa depresi dan mengganggu kualitas tidur.

Tips menghindari makan tengah malam

BACA JUGA:Yuk Intip, 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Tahu

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mafsu makan tengah malam jadi berkurang. Kamu juga bisa mengikuti tips ini, jika kamu terpaksa makan saat tengah malam yaitu sebagai berikut.

- Jika kamu merasa lapar di malam hari, hindari junk food dan konsumsi makanan sehat. Jika memungkinkan, beri waktu sekitar 2 jam antara makan malam dan waktu tidur.

- stres dapat menyebabkan nafsu makan yang besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk merasa tenang sebelum tidur malam untuk menghindari makan dan minum pada waktu tersebut.

BACA JUGA:Penyebab Sakit Perut di Hari Pertama Menstruasi dan Cara Mengatasinya

- Jika kamu makan malam terlalu dini, rasa lapar bisa menyebabkan kamu makan di tengah malam. Untuk menghindarinya, sebaiknya makanan seperti apel maupun kacang-kacangan ditambahkan ke dalam menu makan malam agar rasa kenyang bertahan lebih lama.

Jadi, rencanakan pola makan sehat dan jadwal aktivitas teratur untuk menghindari makan di tengah malam. Dengan cara ini, kamu bisa memiliki tubuh yang sehat dan menikmati manfaat makan malam sepenuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: @sehatq.com