Perlu Diketahui, Ini Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

Perlu Diketahui, Ini Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

Inilah bahaya minum teh panas untuk kesehatan.-FOTO/PIXABAY.COM--pixabay

RADARLAMPUNG.CO.ID - Minum teh panas ternyata bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Usahakan menunggu hingga minuman sedikit hangat untuk menurunkan risikonya. 

Beberapa orang, termasuk kamu mungkin suka menikmati teh selagi panas. Sayangnya, kebiasaan ini harus Anda hentikan karena cukup berbahaya bagi kesehatan Anda.

Minum teh panas ternyata dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 700 militer teh panas per hari berisiko terkena kanker kerongkongan.

Risiko ini bisa mencapai 90 persen jika dikonsumsi pada suhu di atas 60 derajat Celcius. Kerongkongan merupakan jalur yang membawa makanan, minuman dan air liur ke dalam tubuh.

BACA JUGA:Kaya Akan Nutrisi, Ini 4 Jenis Sayuran yang Bisa Diolah Menjadi Jus

Mengonsumsi makanan panas secara terus menerus akan mengubah lapisan dalam dan hal tersebut jika dibiarkan akan muncul tumor di dalam sana. 

Ada dua kemungkinan jenis kanker kerongkongan, karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Jenis kanker ini terjadi ketika sel-sel di  kerongkongan berubah atau terkikis oleh panas. 

Namun, penyebab sebenarnya dari kanker kerongkongan bukan hanya sekedar teh panas. Ada juga minuman panas lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko sama.

Bahkan mereka yang rutin minum kopi, coklat atau air panas mungkin memiliki peningkatan risiko kanker kerongkongan.

Dikutip dari @sehatq.com, berikut ini tips yang bisa diikuti saat mengomsumsi minuman panas.

BACA JUGA:Hati-Hati Dengan Asam Urat! Ini Dia Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

1. Menunggu sebentar 

Seduh saja teh dengan air matang  pasti akan lebih enak rasa dan warnanya. Namun, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk segera meminumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: @sehatq.com