Warga Mesuji Serbu Beras dengan HET Rp 10.900 per Kilogram

Warga Mesuji Serbu Beras dengan HET Rp 10.900 per Kilogram

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji bersama Badan Urusan Logistik (BULOG) sebar beras dengan harga eceran tertinggi (HET) hanya Rp10.900 per kilogram, Selasa 24 Oktober 2023. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji bersama Badan Urusan Logistik (BULOG) sebar beras dengan harga eceran tertinggi (HET) hanya Rp10.900 per kilogram, Selasa 24 Oktober 2023. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Arif Dwiyanto saat menghadiri pendistribusian beras Bulog di Kantor Camat Panca Jaya, Mesuji, katakan jika Bulog hari ini distribusikan sekitar 15 Ton di kecamatan tersebut. 

"Kami fasilitasi Bulog lakukan penyaluran stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras. Ini dilakukan agar menjamin konsumen akhir dapat HET terendah. Di sini, ada 15 ton yang didistribusikan. Masing masing desa ada yang dapat 1 Hinga 3 ton," jelas Arif. 

BACA JUGA:Pemkab Pringsewu Lampung Buka Seleksi Terbuka Lima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Berikut Persyaratannya

Masih kata Arif, setiap kepala keluarga (KK) dibatasi hanya dapat 2 kantong, yakni 10 kg. 

"Ini sudah dilakukan sejak awal tahun, ini kali ke dua. Ini untuk memastikan harga beras di pasaran dapat terkendali, kami bekerja sama dengan Bulog," lanjutnya. 

Selain ini, Bulog pun ditugaskan Badan Pangan Nasional untuk dapat sampaikan bantuan pangan.

BACA JUGA:11 Kota Terpanas di Indonesia Per 24 Oktober 2023, Jawa Barat dan Lampung Urutan Berapa? 

"Tapi tidak semua mendapatkan itu, hingga harga beras masih tinggi. Sehingga kami intervensi dengan SPHP langsung ke desa. Diluar itu ada juga SPHP dari Bulog ke outlet outliet yang terdaftar, maksimal 2 ton perminggu," imbuhnya. 

Pemerintah saat ini, lanjut Arif, terus berupaya untuk tekan inflasi. 

"Sebagaimana kita bahas selalu dalam inflasi, ini salah satu upaya pengendalian inflasi, khsusunya di pangan," tukasnya.

BACA JUGA:Seminar Nasional Bersama Fakultas MIPA Universitas Lampung, Sinergitas Sains Alam, Matematika dan Komputer

Disisi lain, warga Desa Adi Luhur, Rodiah, mengaku senang dengan adanya pendistribusian beras murah ini. 

"Bedanya bisa Rp.20.000 per 5 kg. Tentu ini sangat membantu kami. Kualitasnya pun cukup baik, dan kami senang karena ini," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: