8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Nomor 5 Paling Mudah untuk Dilakukan

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Nomor 5 Paling Mudah untuk Dilakukan

Inilah cara menjaga kesehatan mata secara alami yang mudah untuk dilakukan.-ILUSTRASI/FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

RADARLAMPUNG.CO.ID - Untuk menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sebab, mata yang sehat bisa membuat penglihatan menjadi jelas saat melakukan aktivitas.

Fungsi mata dapat menurun seiring bertambahnya usia serta kamu juga tetap bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan organ penting tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata secara alami yang mudah kamu lakukan di rumah.

1. Mengonsumsi makanan seimbang

Sayuran daun hijau tua sangat mengandung vitamin penting untuk kesehatan mata. Terutama ikan kaya akan asam lemak Omega 3 antara lain tuna, salmon dan halibut yang memiliki vitamin serta nutrisi penting bagi mata.

BACA JUGA:4 Kebiasaan Pagi yang Bikin Perut Wanita Jadi Buncit, Nomor 3 Sering Dilakukan

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bisa membantu mencegah kondisi seperti tekanan darah tinggi kolesterol tinggi dan diabetes yang semuanya dapat mengakibatkan masalah mata kronis, bahkan menyebabkan kerusakan penglihatan kamu.

3. Memakai kacamata hitam yang mengindari sinar UVA dan UVB

Jika terkena paparan sinar matahari bisa merusak penglihatan dan menyebabkan risiko katarak, degenerasi makula terkait bertambahnya usia, peradangan terhadap kornea (keratitis) serta pertumbuhan kornea seperti pterigia dan pingecula.

4. Batasi paparan kamu terhadap layar digital

BACA JUGA:Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Diabetes Hingga Cegah Kolesterol Tinggi

Mungkin kebanyakan orang menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan perangkat digital seperti handphone dan laptop setiap hari. Perangkat tersebut bisa memancarkan gelombang cahaya biru berenergi tinggi yang lama kelamaan dapat merusak mata. Konsumsi suplemen lutein dan zeaxanthin bisa membantu mata kamu menyaring cahaya biru.

Tak hanya itu, menjaga jarak layar laptop minimal 50 cm dari mata kamu serta menyesuaikan pencahayaan untuk meminimalkan silau akan terbantu karena kita lebih jarang berkedip saat melihat layar, penting untuk kamu berusaha secara sadar untuk sering berkedip. Kemudian, istirahatkan mata dengan waktu setiap 20 menit dan fokus pada objek yang berjarak 5 meter selama 20 detik.

5. Kompres mata dengan air hangat

Seiring pertambahan usia kelenjar minyak di kelopak mata akan tersumbat serta tidak menghasilkan cukup minyak ke dalam pasokan air mata kita. Hal tersebut menngakibatkan mata menjadi kering.

Perlu diingat, menggunakan kompres air hangat di kelopak mata membantu mencairkan minyak sehingga mengalir bebas ke dalam air mata serta membantu menjaga mata agar tetap sehat.

BACA JUGA:4 Buah Pembersih Paru-Paru Agar Jadi Lebih Sehat di Tengah Cuaca El Nino

6. Cuci tangan sebelum menyentuh mata

Sebelum menyentuh mata, sebaiknya kamu terlebih dahulu untuk mencuci tangan dengan sabun lembut dan keringkan dengan handuk. Hal tersebut karena kuman dan bakteri yang dimasukkan ke dalam mata melalui jari-jari kamu bisa mengakibatkan infeksi seperti mata merah dan virus flu.

7. Pakai kacamata pengaman

Jangan mengambil risiko dengan mengabaikan penggunaan pelindung mata saat melakukan aktivitas. Kamu harus pastikan memakai kacamata pengaman jika beraktivitas yang berpotensi membahayakan mata.

8. Harus periksa mata setiap dua tahun

BACA JUGA:4 Tanaman Obat Alami untuk Atasi Batu Ginjal, Nomor 3 Sering untuk Campuran Sup

American Optometric Association merekomendasikan semua orang dewasa berusia 18 hingga 60 tahun mengunjungi dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan mata komprehensif setidaknya dua tahun sekali. Hal tersebut sangatlah penting karena beberapa penyakit mata mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan.

Tetapi, dengan pemeriksaan mata rutin dokter bisa mendeteksi kondisi pada tahap awal serta lebih mudah diobati sebelum terjadi kehilangan penglihatan. Banyak kondisi mata yang dapat dicegah jika diketahui sejak dini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: