Ampuh Banget! Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Ampuh Banget! Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Inilah beberapa cara menghialngkan ketombe menggunakan bahan alami yang harus kamu coba.-FOTO PEXELS.COM--pexels

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rambut berketombe memang terasa menjengkelkan. Sebab selain terasa gatal ketombe yang kadang rontok ke baju membuat kita menjadi malu dan tidak percaya diri. 

Ketombe biasanya muncul karena adanya produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala, kurangnya memperhatikan kebersihan rambut, perubahan hormon atau adanya infeksi dari jamur, psoriasis, sensitif dengan kandungan tertentu dengan shampo dan dermatitis seboroik. 

Untuk menghilangkan ketombe kamu dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang tersedia di rumah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menghialngkan ketombe menggunakan bahan alami.

1. Minyak kelapa

BACA JUGA:Cepat dan Aman! Ini 7 Cara Memanjangkan Rambut Wanita dengan Bahan Alami

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang bisa mengusir jamur akibat infeksi. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa hanya menggunakan dua sendok makan minyak kelapa. Selanjutnya, pijat kulit kepala secara perlahan.

Lalu, diamkan selama satu jam sebelum bilas dengan shampo. Terakhir, pastikan rambut kamu terbilas hingga bersih supaya tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena bisa berisiko menyumbat pori-pori kulit.

2.  Garam

Tekstur garam yang identik dengan scrub dapat menjadi andalan untuk menggosok ketombe dari permukaan kulit kepala. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa merusak rambut.

Untuk kamu yang ingin menggunakan garam untuk mengusir ketombe, cukup ambil sejumput garam kemudian taburkan pada area kulit yang bermasalah dan gosok dengan perlahan. Lalu biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya menggunakan shampo sampai bersih.

BACA JUGA:Dijamin Cepat! Ini 6 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Bahan Alami

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki zat aktif antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe. Selain itu, lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan dan mampu mengendalikan infeksi akibat rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: