Sains Data Itera Berikan Pelatihan Visualisasi Data Sumber Daya Alam Menggunakan Google Data Studio

Sains Data Itera Berikan Pelatihan Visualisasi Data Sumber Daya Alam Menggunakan Google Data Studio

Program Studi Sains Data Institut Teknologi Sumatera (Prodi SD ITERA) bekerjasama dengan Desa Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait Pelatihan Visualisasi Data Sumber Daya Alam Menggunakan--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Studi Sains Data Institut Teknologi Sumatera (Prodi SD ITERA) bekerjasama dengan Desa Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait Pelatihan Visualisasi Data Sumber Daya Alam Menggunakan Google Data Studio.

Sosialisasi dan pelatihan tersebut dilakukan oleh tim dosen Prodi SD ITERA yang diikuti sebanyak 12 orang Perangkat Desa Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan serta sejumlah mahasiswa Sains Data ITERA.

Ketua tim program pengabdian kepada masyarakat (Pkm) Itera, sekaligus Dosen Sains Data ITERA Luluk Muthoharoh, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang wajib dan rutin dilakukan setiap tahunnya. 

Luluk menyebutkan, kegiatan ini juga bukan kegiatan yang hanya sekali jalan kemudian selesai, melainkan ini adalah kegiatan awal yang diharapkan ke depannya akan terus terjalin kerjasama dan membuahkan kegiatan serupa yang membawa manfaat kepada masyarakat luas khususnya daerah Desa Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA:Begini Perkembangan Sidang Kode Etik Oknum Anggota Pencuri Mobil

Sementara itu, Desa Triharjo melalui sekretarisnya Ihwan Nussofa, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat. 

Dijelaskamnya, kegiatan tersebut harus dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk masing-masing desa.

"Ini juga untuk menunjang keterbukaaan informasi maupun kemudahan akses potensi-potensi dari desa terkait," kata dia.

BACA JUGA:Waduh, Muncul Masalah Lain Dari PT MFA, Suplai Material Batu Andesit Ternyata Belum Dibayar

Rizty Maulida Badri, M.Si dari Prodi Sains Data yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, menerangkan, pelatihan tersebut membahas secara detail tahapan visualisasi data serta mengupas tuntas cara memvisualisasikan data sumber daya alam desa dengan menggunakan Google Data Studio.

Serta menampilkannya ke dalam Dashboard di website desa yang juga terkait sarana sebagai evaluasi sistem desa yang mudah dipahami oleh pengguna maupun masyarakat.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi jembatan yang ideal antara atmosfir akademik kampus dengan keadaan maupun potensi daerah masing-masing. Kegiatan ini akan dilanjutkan secara berkelanjutan melalui diskusi-diskusi di waktu yang akan datang.

Dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini, tim Sains Data ITERA memberikan jasa pelatihan kepada perangkat desa untuk dapat mengelola secara mandiri dan dimanfaatkan sebaik mungkin yang nantinya diharapkan dapat membantu pihak desa agar mempermudah proses penyampaian informasi terkait visualisasi data sumber daya alam desa tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: