Antisipasi Banjir, Tak Disangka Ternyata Ini Langkah yang Dilakukan Pemkot Bandar Lampung

Antisipasi Banjir, Tak Disangka Ternyata Ini Langkah yang Dilakukan Pemkot Bandar Lampung

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung sedang gencar-gencarnya  memperbaiki sejumlah saluran drainase.

Bahkan, Pemkot juga tengah fokus melakukan pembersihan sungai di Kota Tapis Berseri guna mengantisipasi banjir.

Hal itu diungkapkan Sekot sekaligus Plt. Kadis PU Bandar Lampung Iwan Gunawan, saat ditemui pada Senin, 6 November 2023 di lingkungan DPRD setempat.

"Saat ini kita secara rutin memanfaatkan waktu yang ada melakukan pengurasan siring atau drainase. Kemudian sedimen lumpur dan sampah secara rutin kita angkut dan buang," katanya.

BACA JUGA:Irjen Rudi Setiawan Jabat Deputi Penindakan KPK, Ternyata Segini Harta Kekayaannya

Bahkan tak disangka, Pemkot Bandar Lampung pun telah menyurati setiap kecamatan yang ada di Kota Tapis Berseri untuk bersiap memberbaiki talut dengan kondisi buruk.

"Sekarang kita sudah surati semua kelurahan dan camat untuk memperbaiki talud, yang sudah pecah-pecah kita perbaiki," ucapnya.

Tidak hanya talud, Pemkot Bandar Lampung juga bakal mengupayakan normalisasi sungai yang dianggarkan pada ABPB tahun 2024.

"Tahun 2024 sendiri kita programkan normalisasi sungai untuk memperdalam sungai," kata Iwan tanpa menyebut berapa jumlah anggarannya.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Dorong Investasi Sektor Pariwisata Lampung Investment Summit (LIS) 2023 di Bali

Masih berbicara soal sungai, Kadis DLH Bandar Lampung Budiman P Mega menyebut bahwa pihaknya hingga kini masih berjibaku membersihkan 30 sungai secara bertahap.

"Kita terus upayakan pembersihan kali di 30 titik yang tersebar di Bandar Lampung. Ini sudah sejak beberapa waktu lalu kita bersihkan, dan sampai sekarang ini sedang berjalan," jelasnya.

Terkait kolam lindi yang ditakutkan meluap di Bandar Lampung, Budiman menyebut bahwa pihaknya telah mengeruk endapan sedimen di dalamnya.

"Kita juga sudah mengeluarkan 12 pipa di dalamnya. Fungsinya untuk saluran yang dibersihkan," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: