5 Teknologi Pertanian Modern Ini Sangat Berguna untuk Meningkatkan Panen, Nomor 4 Tidak Bisa Dikesampingkan

5 Teknologi Pertanian Modern Ini Sangat Berguna untuk Meningkatkan Panen, Nomor 4 Tidak Bisa Dikesampingkan

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi yang diterapkan pada bidang pertanian juga semakin maju dan canggih. sumber foto pinterest--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang diterapkan pada bidang pertanian juga semakin maju dan canggih.

Hal itu ditandai dengan semakin banyaknya alat-alat dan mesin yang merupakan adaptasi teknologi multiguna yang memiliki beragam fungsi dan manfaat positif dalam bidang pertanian.

Dengan adanya teknologi, kemajuan di bidang pertanian tentunya diharapkan akan semakin meningkat baik terhadap efektivitas waktu, biaya, dan produksi.

Demikian juga dengan proses budidaya perawatan hingga kepada panen dan pascapanen.

BACA JUGA:10 Benih Cabe Rawit Dataran Rendah Terlaris 2023, Potensi Hasil Terbanyak dan Tahan Penyakit

Dalam artikel kali ini kita akan membahas 5 teknologi pertanian canggih yang sangat membantu petani dalam budidaya pertanian. 

1. Mesin Transplanter

Transplanter merupakan salah satu mesin yang sudah sering digunakan oleh petani dan instansi pertanian dalam rangka modernisasi pertanian di Indonesia.

Ya, transplanter adalah mesin tanam yang berfungsi untuk menanam bibit secara otomatis dan presisi serta sesuai jarak tanam yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Ternyata Begini Perawatan Cabai di Musim Kemarau Fase Vegetatif! Mulus Tanpa Hambatan

Dengan penggunaan mesin ini petani hanya butuh tenaga kerja yang lebih sedikit untuk menanam padi.

Hal itu disebabkan karena mesin ini bisa dioperasikan oleh satu orang operator dengan waktu yang lebih singkat dan cakupan areal yang lebih luas.

Tidak hanya itu, mesin ini juga memungkinkan jarak tanam padi yang lebih presisi yang biasanya sulit jika dilakukan secara manual oleh manusia.

Hasilnya pertumbuhan padi bisa jauh lebih optimal karena bisa menekan pertumbuhan gulma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: