Peringati Hari Kesehatan Nasional, Wali Kota Metro tinjau pemeriksaan IVA dan USG

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Wali Kota Metro tinjau pemeriksaan IVA dan USG

Wali Kota Metro tinjau Pelaksanaan Pemeriksaan IVA dan USG-Diskominfo Kota Metro-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Wali Kota Metro Wahdi bersama tim jajaran meninjau program pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan USG.

Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan USG tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke -59 Tahun 2023.

Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan USG dilaksanakan di Puskesmas Ganjar Agung, Jumat, 10 November 2023.

Wahdi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung, memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kehamilan berkualitas terintegrasi ultrasonografi (USG) serta pelayanan dokumentasi Inspeksi Visual Asam Asestat (IVA) untuk pencegahan kanker leher rahim.

BACA JUGA:Hindari Kejahatan, Tekab 308 Polres Tanggamus Lampung Intensifkan Patroli Bersama

"Alhamdulilah, untuk di Kota Metro, kanker leher rahim sudah dikenalkan DoIVA yaitu Dokumentasi Inspeksi Visual Asam asetat. Jadi, DoIVA ini adalah karya saya yang sudah diperkenalkan secara nasional," kata dia.

Ia menuturkan, pihaknya selalu mengutamakan fasilitas, di mana sebagai ujung tombak pelayanan mulai dari kelurahan, lalu pelayanan kepada masyarakat melalui puskesmas kesehatan.


Walikota Metro sedang berbincang dengan warga--

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra, mengatakan, pemeriksaan deteksi dini kanker rahim dilakukan untuk mengantisipasi dan mendeteksi lebih dini mengenai kanker leher rahim pada ibu-ibu.

“Semenjak hadirnya DoIVa ini, jumlah penderita kanker leher rahim menurun. Untuk ibu – ibu hamil pun harus rajin untuk periksa kesehatan ke puskesmas, misalkan kontrol kesehatan. Karena deteksi dini penyakit sangat penting, apalagi bagi ibu hamil," ujarnya.

BACA JUGA:Tipu Pedagang Pepaya Asal Jabug, Warga Jawa Barat Diamankan Polres Lampung Timur

Sementara itu, dr. Danang Sp.OG, menambahkan, biasanya kanker leher rahim disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Menurutnya, kanker leher rahim sering terjadi pada wanita mulai pada usia muda.

"Kalau pada wanita yang sudah masuk usia subur dan juga sudah melakukan hubungan seksual, itu harus dilakukan DoIVA. Nah sekarang, DoIVA sudah bisa dilakukan di Puskesmas," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: