Tim PKM Dosen Fakultas Kedokteran Unila Jelaskan Pentingnya BHD di Desa Cipadang Pesawaran

Tim PKM Dosen Fakultas Kedokteran Unila Jelaskan Pentingnya BHD di Desa Cipadang Pesawaran

Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila bersama peserta pelatihan BHD di Des Cipadang, Kec.Gedong Tataan, Kab.Pesawaran. //Foto.Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila.--

RADAR LAMPUNG.CO.ID -  Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kegiatan PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila ini berjudul "Pemberdayaan Masyarakat dalam melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Desa Cipadang, Kecamatan Gedong Tataan" .

Kegiatan PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila ini diisi juga dengan pelatihan secara langsung terkait pentingnya bantuan hidup dasar (BHD) oleh dr.Ari Wahyuni,Sp.An., dr.Liana Sidharti, Sp.An.,MKM.

Kegiatan pelatihan oleh Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila ini telah dilaksanakan pada Minggu (13/11) di Balai Desa Cipadang, Gedong Tataan, Kab.Pesawaran pada pukul 11.00 wib hingga selesai dan dihadiri oleh sekitar 50 orang yang terdiri dari masyarakat dan perangkat desa.

BACA JUGA:Tips Glowing Paling Ampuh, Wajah Bisa Mulus Bak Idol Korea

Kegiatan PKM ini juga dilakukan dengan memberikan edukasi dan penjelasan terkait prosedur Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Ketua Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila,  dr.Ari Wahyuni,Sp.An, menyampaikan, Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terlaris pentingnya BHD.

Sehingga, masyarakat mengetahui pentingnya melakukan BHD secara tepat sesuai dengan kebutuhan kegawatdaruratan.

Perwakilan Anggota Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila, dr.Liana Sidharti, Sp.An.,MKM, menambahkan, bahwa peserta pelatihan juga diberikan pre test dan post test untuk mengetahui pengaruh kegiatan terhadap pengetahuan peserta.

BACA JUGA:Daftar 25 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes November 2023, Nomor 1 Kekayaannya Segini

Oleh sebab itu, dr.Liana, berharap dengan kegiatan PKM yang telah dilakukan oleh Tim Dosen Fak.Kedokteran ini, dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam melakukan pertolongan pertama berupa BHD.

Sekaligus,  menunjang petugas kesehatan Desa Cipadang yang jumlahnya tergolong minim. 

Selain itu, dapat mendukung upaya peningkatan skor indikator tanggap bencana dalam indeks Komposit Lingkungan (IKL) Desa Cipadang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: