Tim PKM Dosen Fak Kedokteran Unila Ajak Masyarakat Desa Cipadang Wujudkan Desa Sehat Bebas TBC

Tim PKM Dosen Fak Kedokteran Unila Ajak Masyarakat Desa Cipadang Wujudkan Desa Sehat Bebas TBC

Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila bersama masyarakat Desa Cipadang, Kec.Gedong Tataan, Kab.Pesawaran usai pemberian materi untuk Mewujudkan Desa Sahabat (Desa Sehat Bebas TBC). //Foto.Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila.--

BACA JUGA:Daftar Dokter Spesialis Bedah Mulut di Bandar Lampung, Berikut Jadwal dan Rumah Sakit Praktik

"Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Sehat Bebas TBC (SAHABAT) dihadiri Kepala Desa, pamong desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan kader dan dilaksanakan pada pukul 08.00 – 11.00 wib," tambah dr.Ari Wahyuni, Sp.An.

dr.Ari Wahyuni,Sp.An juga menyampaikan bahwa, untuk  Pelatihan Kader TBC dilaksanakan di balai desa pada pukul 13.00 - selesai dengan jumlah peserta 65 orang yang terdiri dari kader kesehatan dan pamong desa. 

Materi Pelatihan Kader TBC disampaikan oleh Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan Puskesmas Gedong Tataan. 

Untuk Materi pertama berjudul “Membentuk dan Melatih Kader TBC dalam Rangka Meningkatkan Penemuan Penderita TBC di Desa Cipadang”. 

BACA JUGA:Rahasia Wajah Glowing ala Wanita Jepang, Flek Hitam Menghilang Dengan Masker Alami Beras dan Putih Telur

Lalu, materi kedua berjudul “Penemuan Pasien TBC”. Untuk mengukur kemajuan pengetahuan kader TB dilakukan Pretest dan Posttest.

Sementara, untuk Hari Senin, 21 Agustus dilakukan kegiatan konseling perawatan kesehatan dan penjaringan penemuan kasus TB di sekitar penderita dengan melakukan kunjungan rumah ke pasien TBC di Desa Cipadang. 

"Kunjungan rumah pasien dilakukan pada 5 orang penderita TBC dengan melakukan konseling pencegahan, penularan dan penemuan kasus TB serta memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok pangan dan suplemen kesehatan," ucap dr.Ari Wahyuni,Sp.An .

BACA JUGA:Daftar Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan di Bandar Lampung, Berikut Subspesialisnya & Jadwal Praktik

Melalui kegiatan Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila, lanjut dr.Ari Wahyuni,Sp.An berharap kegiatan ini mampu mengajak masyarakat Desa Cipadang untuk bersama sama melakukan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Desa Sahabat yakni Desa Sehat Bebas TBC. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: