Tim PKM Dosen Fak Kedokteran Unila Ajak Masyarakat Desa Cipadang Wujudkan Desa Sehat Bebas TBC

Tim PKM Dosen Fak Kedokteran Unila Ajak Masyarakat Desa Cipadang Wujudkan Desa Sehat Bebas TBC

Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila bersama masyarakat Desa Cipadang, Kec.Gedong Tataan, Kab.Pesawaran usai pemberian materi untuk Mewujudkan Desa Sahabat (Desa Sehat Bebas TBC). //Foto.Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Fak.Kedokteran Unila) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema ‘Pemberdayaan Masyarakat untuk Menjadikan Desa Cipadang Sebagai Desa Sehat Bebas TBC (SAHABAT)’ di Desa Cipadang, Kec.Gedong Tataan, Kab. Pesawaran. 

Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 13-14 Agustus dan 21 Agustus 2023. 

Kegiatan pertama pada hari Minggu, 13 Agustus 2023, berupa kegiatan sosialisasi TBC pada masyarakat Desa Cipadang dengan tema “Kampanye Eliminasi TBC di Desa Cipadang, Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran”.  

Kegiatan ini dilakukan pada pukul 07.00 – 11.00 di Balai Desa Cipadang diawali dengan acara pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan doa. 

BACA JUGA:Miris, Pesan Terakhir Dokter Mahdi Hospital Gaza Sebelum Kena Bom Israel

Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu dr. Ari Wahyuni, S.Ked., Sp.An. dan Sambutan dari Kepala Desa  yaitu Sugianto. 

"Kegiatan ini terdiri dari 3 materi yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan dari Puskesmas Gedong Tataan," kata Ketua Pelaksana Tim PKM Dosen Fak.Kedokteran Unila, dr.Ari Wahyuni, Sp.An.

Berbagai materi yang disampaikan dalam pelatihan tiga hari untuk mengajak masyarakat Desa Cipadang guna mewujudkan Desa Sahabat (Desa Sehat Bebas TBC), antar lain :

1. Materi pertama mengenai “Gejala, Cara Penularan, Pengobatan, dan Pencegahan TBC” disampaikan oleh dr. Rasmi Zakiah Oktarlina, S.Ked., M.Farm., dr. Rika Lisiswanti S.Ked., M.Med.Ed. 

BACA JUGA:Tips Merawat Kulit Berjerawat ala Dokter Dian Pratiwi, Konsistensi Jadi yang Utama

2. Materi Kedua mengenai “Stigma Penyakit Tuberkulosis” yang disampaikan oleh Sofyan Musyabiq WIjaya, S.Gz., M.Gz. dan Sutarto, S.KM., M.Epid.

3. Materi ketiga yang disampaikan oleh Bidan Desa Cipadang dari Puskesmas Gedong Tataan dengan judul materi “Program TBC Puskesmas”. 

dr.Ari Wahyuni, Sp.An juga menyampaikan, bahwa dalam kegiatan PKM ini juga dilakukan  evaluasi tingkat pengetahuan peserta sebanyak 50 orang, dilakukan pretest dan posttest.

Selain itu, pada hari Senin, 14 Agustus 2023 kegiatan yang dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Sehat Bebas TBC (SAHABAT) dan Pelatihan Kader TBC di Balai Desa Cipadang, Kabupaten Pesawaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: