Benarkah Jamur Kuping Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak 5 Manfaatnya Berikut Ini

Benarkah Jamur Kuping Bisa Menurunkan Kolesterol?  Simak 5 Manfaatnya Berikut Ini

Jamur hitam, yang dikenal dengan nama ilmiah Auricularia polytricha, merupakan tumbuhan yang sering disebut sebagai jamur kuping. Sumber foto Alodokter.com--

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam membantu meningkatkan kesehatan otak, jamur kuping berperan dengan menghambat aktivitas beta sekretase, yaitu suatu enzim yang berfungsi untuk melepaskan protein beta amiloid.

BACA JUGA:5 Referensi HP Gaming Harga Rp 3 Jutaan, Main Game Lancar Dijamin Anti Ngelag, Ada Samsung Galaxy dan Infinix

Protein beta amiloid tersebut dianggap berbahaya bagi otak dan memiliki kaitan dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer. 

Meskipun manfaatnya menjanjikan, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus dan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur kuping juga memiliki kandungan prebiotik, khususnya dalam bentuk beta glukan. Prebiotik ini adalah jenis serat yang berguna sebagai makanan untuk mikrobioma atau bakteri baik di dalam usus (probiotik).

BACA JUGA:Tak Kuat Menahan Rindu Berat, Napi Lapas Rajabasa Nekat Gantung Diri

Kandungan probiotik ini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan mendukung pergerakan normal usus. 

Selain itu, senyawa ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap patogen penyebab penyakit.

3. Meningkatkan Aliran Darah

Jamur hitam mengandung zat besi yang dapat membantu meredakan gejala anemia. Zat besi termasuk dalam jenis mineral yang sangat penting untuk mendukung sistem peredaran darah.

Tubuh memerlukan zat besi untuk sintesis hemoglobin, yang merupakan salah satu komponen utama sel darah merah. Fungsi sel darah ini adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi jamur kuping yang kaya akan zat besi, tubuh dapat memperoleh suplai yang cukup dari mineral penting ini. Dengan demikian, aliran darah dalam tubuh dapat menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:3 Model Jam Tangan Wanita Casual Dengan Desain Ringan, Cocok untuk Segala Aktivitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: