Benarkah Jamur Kuping Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak 5 Manfaatnya Berikut Ini

Benarkah Jamur Kuping Bisa Menurunkan Kolesterol?  Simak 5 Manfaatnya Berikut Ini

Jamur hitam, yang dikenal dengan nama ilmiah Auricularia polytricha, merupakan tumbuhan yang sering disebut sebagai jamur kuping. Sumber foto Alodokter.com--

4. Kaya Antioksidan

Jamur kuping mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif ini berhubungan dengan peradangan dan berbagai jenis penyakit.

Temuan ini diungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dengan judul "Antioxidants in wild mushrooms" dalam jurnal Current 

Medicinal Chemistry.Adanya banyak radikal bebas dalam tubuh dapat berpotensi merusak lipid, sel protein, dan DNA.

Kerusakan pada komponen-komponen tersebut dapat berdampak negatif pada fungsi normal tubuh, dan akhirnya dapat memicu perkembangan berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan kanker.

Penelitian juga menjelaskan bahwa jamur mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk senyawa fenolik, tokoferol, asam askorbat, dan karotenoid. Senyawa-senyawa ini berperan dalam mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

BACA JUGA:Mutasi TNI November 2023, 81 Perwira Angkatan Darat Pindah Tugas, Lima Menjabat Sebagai Danrem

5. Berperan dalam Penurunan Kolesterol

Polifenol yang terdapat dalam jamur dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Dampaknya dapat mencegah kemungkinan munculnya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Temuan ini juga terkonfirmasi dalam suatu penelitian yang berjudul "The effect of edible black tree fungus (Auricuaria auricula) on experimental atherosclerosis in rabbits" yang diterbitkan dalam Chinese Medical Journal.

Melalui penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan jamur kuping yang tumbuh di permukaan kayu dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dengan signifikan.

BACA JUGA:45 Referensi Kuliner Khas Jawa Tengah, Lengkap Dengan 100 Destinasi Wisata Alam yang Bisa Jadi Tujuan Liburan

Nahh teman-teman, itu tadi adalah beberapa manfaat dari jamur hitam atau jamur kuping yang perlu kita ketahui dan mungkin selama ini belum kita ketahui.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya dan salam sehat happy people’s. (**/Agus Nauval Alfath)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: