Cegah Kekerasan Seksual, Unila Sosialisasi, Tandatangani Pakta Integritas dan Teken MoU

Cegah Kekerasan Seksual, Unila Sosialisasi, Tandatangani Pakta Integritas dan Teken MoU

Cegah Kekerasan Seksual, Unila Sosialisasi, Tandatangani Pakta Integritas dan Teken MoU--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Upaya mencegah dan menangani kekerasan seksual, Universitas Lampung (Unila) teken MoU dan Pakta Integritas.

Ya, melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Unila mengadakan kegiatan sosialisasi, penandatanganan pakta integritas, dan MoU Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), Selasa, 5 Desember 2023, di Aula Museum Lampung, Bandar Lampung.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., mengatakan, Unila telah berkomitmen dalam mengambil tindakan PPKS yang terkait dengan pelaksanaan tridarma di dalam maupun di luar lingkungan Unila.

"Jadi, tindakan PPKS menjadi wujud keseriusan bersama untuk menumbuhkan kehidupan kampus yang manusiawi, bermartabat, setara, inklusif, kolaboratif, serta tanpa kekerasan di antara mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan warga kampus di lingkungan Unila," ungkapnya.

BACA JUGA:Perencanaan Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif dan Solusi Masalah Belajar

Selain itu, Unila juga telah melakukan pencegahan terhadap kekerasan seksual melalui tiga langkah.

Ketiganya yakni pembelajaran, penguatan tata kelola, dan penguatan budaya komunitas mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Sosialisasi ini menjadi salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kampus dengan pemaparan materi oleh narasumber yang berasal dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Aris Adi Laksono, dan Psikolog sekaligus Tim Satgas PPKS Unila Diah Utaminingsih, S.Psi., M.Pdi.

Dr. Anna berharap, sosialisasi akan berdampak positif bagi pencapaian tridarma pendidikan dan kualitas pendidikan, dengan memastikan hak-hak asasi manusia dan perwujudan kehidupan kampus yang adil setara tanpa kekerasan seksual.

BACA JUGA:Potensi Senyawa Fenolik dan Modifikasi Struktur Tumbuhan Turi yang Punya Aktivitas Anti TBC dan Kanker

Bersamaan dengan kegiatan ini dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan MoU PPKS Unila bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung.

Kemudian, Kapolresta Bandar Lampung, Direktur Eksekutif DAMAR Lampung, Direktur Lembaga Bantuan Hukum Bandarlampung, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung.

Kegiatan turut dihadiri para dekan dan wakil dekan, dosen dan tenaga pendidik Unila, dan mahasiswa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: