Berkolaborasi Implementasi Sistem ERP31

Berkolaborasi Implementasi Sistem ERP31

IMPLEMENTASI ERP31 Tim dosen dan mahasiswa berkolaborasi dengan PT Rindang Tiga Satu Pratama.--FOTO DOK. TIM KOLABORASI DOSEN-MAHASISWA UNILA

Untuk solusi inovatif, tambah anggota tim program Ir. Meizano Ardhi Muhammad, sistem informasi ERP31 ini menjawab tantangan tersebut. Unila bekerjasama dengan PT. Rindang Tiga Satu Pratama dalam mengembangkan sistem informasi ERP31.

BACA JUGA:Spesifikasi HP Infinix Note 10, Lengkap Dengan Penawaran Harga Desember 2023

Sistem ini dikhususkan memenuhi kebutuhan proses bisnis perusahaan konstruksi dan mengintegrasikan keseluruhan proses bisnis mulai dari pengadaan barang, pelaksanaan proyek, manajemen karyawan, hingga pelaporan keuangan.  

"Dengan menggunakan teknologi informasi terkini, ERP31 akan membantu perusahaan mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan mempercepat penyelesaian proyek,"ucap Ir. Meizano.

Kemudian sistem multiplatform untuk mobilitas tinggi, menurutnya sistem ERP31 merupakan inovasi multiplatform yang terdiri dari web application dan mobile application berbasis Android dan iOS. 

Dengan sistem ini, para pengguna dapat mengakses informasi dan melakukan aktivitas bisnis dari mana saja, baik dari komputer maupun smartphone. 

BACA JUGA:Punya Cita Rasa yang Khas, Kuliner Legendaris Pontianak Begitu Sangat Terkenal dan Menarik

Sistem ERP31 juga menurutnya menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) untuk kendaraan dan alat berat, yang dapat mengakuisisi data operasi kendaraan secara otomatis tanpa perlu proses administrasi manual oleh operator. 

Data yang dikumpulkan oleh ERP31 akan lebih komprehensif untuk dianalisis dan menghasilkan laporan yang lengkap dan instan.

"Proyek implementasi Sistem ERP31 akan dilakukan dengan mengikuti metode Software Development Life Cycle yang terdiri dari beberapa tahapan.

BACA JUGA:Segera Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Kelebihan HP Realme C67 Terbaru 2023

Termasuk pemetaan proses bisnis, analisis dan perancangan solusi, pengembangan solusi, uji coba sistem, rilis dan implementasi, serta evaluasi program,” bebernya seraya mengatakan tim pengusul dari Unila juga akan bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi, melakukan analisis SWOT, pemetaan  proses bisnis, pengembangan lanjutan sistem ERP31, uji coba dan implementasi sistem, serta evaluasi dan pendampingan. 

Sementara, PT. Rindang Tiga Satu Pratama akan menyediakan prasarana, sarana, dan SDM yang diperlukan, serta menyajikan data pendukung dan menyediakan akses kepada seluruh divisi yang terlibat dalam pengembangan aplikasi.

Untuk itu, Meizano berharap Sistem ERP31 dapat mengurangi aktivitas administrasi yang berulang, memberikan fleksibilitas dalam akuisisi data dengan teknologi yang tepat, dan membantu perusahaan dalam menjalankan roda bisnis secara optimal dengan transformasi digital yang berkelanjutan.

"Selain itu, program ini memberikan manfaat bagi perguruan tinggi dalam memberikan kesempatan riset dan magang bagi mahasiswa dan bagi PT. Rindang Tiga Satu Pratama dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan mempercepat penyelesaian proyek,’ pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: