Bertugas Selama 24 Jam, BPBD Mesuji Siaga Bencana Banjir

Bertugas Selama 24 Jam, BPBD Mesuji Siaga Bencana Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Lampung menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Mereka bertugas selama 24 jam. Foto Dok BPBD Mesuji--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Lampung menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Mereka bertugas selama 24 jam untuk mengantisipasi dan menangani bencana seperti banjir pada musim hujan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Mesuji Maulana ditemui dikantornya Rabu 13 Desember 2023.

Ia menyebutkan, tim reaksi cepat penanganan bencana BPBD Kabupaten Mesuji ini beranggotakan 20 personel.

Selain itu, tim tersebut juga bertugas Melaksanakan pengkajian secara cepat dan tepat dilokasi bencana.

BACA JUGA:Aplikasi Magnesium dan Hidroksiapatit Berbasis Bahan Alam Lampung untuk Biomaterial Implan Tulang Indonesia

BACA JUGA:Perakitan Varietas Unggul Vanili Tahan Penyakit Layu Fusarium Berbasis Bioteknologi Dan Teknik Molekular

Kemudian Melaksanakan tindakan awal dalam penanganan kejadian bencana baik jiwa maupun harta benda. Selanjutnya melakukan kegiatan kedaruratan dan bantuan logistik.

Serta memperlancar kordinasi dengan seluruh sektor yang terlibat di dalam penanganan bencana, serta melaporkan secara periodik perihal kebencanaan kepada kepala BPBD. Jelasnya

Dalam mengantisipasi terjadinya bencana, menurut dia, BPBD Kabupaten Mesuji saat ini juga telah melakukan pemetaan berbagai wilayah rawan bencana. Yang tersebar dibeberapa Desa di Tujuh Kecamatan yang ada di Mesuji.

Desa Desa yang menjadi langganan banjir disaat musim hujan seperti di Kecamatan Simpang pematang berada di Desa Margo makmur, Desa Simpang pematang, Desa Aji jaya, Desa Jaya Sakti, Desa Harapan Jaya, Kemudian Desa Simpang Mesuji.

BACA JUGA:FKIP Unila Gelar Lokakarya Spesifikasi Bidang Ilmu Kenaikan Jabatan Fungsional dan Akademik

BACA JUGA:Pemkab Gratiskan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Petugas KPPS Mesuji

Kemudian di Kecamatan Panca jaya berada di Desa Adi luhur. Lalu di Kecamatan Tanjung raya berada di Desa Sri Tanjung, dan Desa Tanjung Harapan.

Kemudian di Kecamatan Mesuji timur ada di Desa Eka mulya, Desa Tanjung Menang, Desa Tebingbtinggi, Desa sungai Cambai, dan Desa Talang Batu. Berikutnya di Kecamatan Mesuji  berada di Desa Wiralaga I Desa Wiralaga II, dan Desa Nipah kuning.

Kecamatan Way serdang Desa Tri tunggal Jaya dan Desa Kejadian. Kecamatan Rawajitu Utara berada di Desa Panggung jaya, Desa panggung rejo dan Desa Sidang muara jaya.
Untuk itu kami mengimbau Kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang sewaktu waktu dapat terjadi apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: