Natal 2023, Lapas Usulkan Narapidana Nasrani Dapatkan Remisi

Natal 2023, Lapas Usulkan Narapidana Nasrani Dapatkan Remisi

Kalapas Kelas IIA Kota Metro M. Mulyana-Ruri Setiauntari-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kota METRO telah mengusulkan remisi khusus hari raya Natal 2023 yang diperuntukkan bagi sembilan orang narapidana beragama nasrani.

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Muhammad Mulyana mengatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan ke Kementerian Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia dari bulan lalu.

"Iya, kita sudah kirimkan usulan untuk remisi khusus Natal. Kita ajukan itu sekitar satu bulan lalu sebelum 25 Desember," kata Mulyana.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo: Timses Tidak Langsung Dapat Jabatan

Mulyana mengatakan, usulan remisi tersebut sudah diajukan secara online melalui sistem aplikasi database pemasyarakatan, dan akan diumumkan pada 25 Desember mendatang.

"Iya sudah kita usulkan secara online melalui sistem aplikasi database pemasyarakatan. Nanti kan akan terbit surat keputusannya di ranggal 25 Desember, dan nanti kita umumkan," ujarnya.

Kalapas menjelaskan, pengusulan sembilan narapidana tersebut karena mereka sudah memenuhi syarat dari kelakuan yang baik, dan masa tahanan.

BACA JUGA:Nukman Nilai FKP RPJPD Langkah Awal untuk Kemajuan 20 Tahun Kedepan

"Masa tahanan itu sekurang-kurangnya enam bulan masa pidananya, dan berkelakuan baik. Itu sudah memenuhi syarat, dan kita ajukan," terangnya.

Menurutnya, jika pengajuan remisi disetujui, sembilan narapidana tersebut akan mendapatkan pengurangan masa tahanan dari 15 hari sampai satu bulan.

"Jadi yang kita usulkan itu ada 9 untuk remisi khusus natal. Enam orang kita usulkan mendapatkan remisi satu bulan, dan tiga orang diusulkan mendapatkan remisi 15 hari," ungkapnya.

BACA JUGA:BLT Kemiskinan Ekstrem untuk Warga Pringsewu Lampung Cair, Nilainya Segini

Ia menambahkan, saat ini di Lapas Kelas IIA Kota Metro jumlah warga binaan berjumlah 542 orang.

"Seluruhnya ada 542 warga binaan. Terdiri dari 7 orang wanita dan satu orang anak, dan sisanya laki-laki dewasa," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: