Tim PKM Dosen Itera Laksanakan Digitalisasi Informasi Koperasi Agro Mulyo Lestari

Tim PKM Dosen Itera Laksanakan Digitalisasi Informasi Koperasi Agro Mulyo Lestari

Tim PKM Dosen Itera Laksanakan Digitalisasi Informasi Koperasi Agro Mulyo Lestari. Foto.Tim PKM Dosen Itera.--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Tim Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) Dosen Itera telah melaksanakan digitalisasi informasi koperasi Agro Mulyo lestari pada Juli hingga November 2023 yang lalu.

Kegiatan ini merupakan hibah Itera 2023. Adapun Tim PKM Dosen Itera, antara lain : Meida Cahyo Untoro (Ketua Tim) dengan anggota tim PKM Itera yakni,  Agung Mahadi Putra Perdana, Mugi Praseptiawan, Eko Dwi Nugroho.

Lalu,Winda Yulita, Aidil Afriasnyah, Miranti Verdiana, Andika Setiawan, Apri Kurniawansyah.

Ketua Tim PKM Dosen Itera, Media Cahyo Untoro, menjelaskan Di era digital yang terus berkembang, pentingnya integrasi teknologi dalam setiap aspek kehidupan menjadi semakin nyata. 

Dengan semangat ini, sebuah program pengabdian kepada masyarakat baru saja dilaksanakan dengan fokus pada "Digitalisasi Informasi Sebagai Penunjang Efektivitas Pelayanan Administrasi Koperasi Argo Mulyo Lestari". 

"Program ini dirancang untuk membawa transformasi digital ke dalam operasional koperasi yang selama ini masih mengandalkan metode konvensional dalam pengelolaan administrasi dan informasi," ucap Cahyo pada hari Senin, 18 Desember 2023.

Cahyo, menyampaikan Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari para ahli IT, praktisi administrasi, dan sukarelawan yang berdedikasi. 

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelayanan administrasi di Koperasi Argo Mulyo Lestari, yang bergerak di bidang agrobisnis. 

"Dengan pendekatan yang kolaboratif dan partisipatif, tim pengabdian bekerja sama dengan pengurus dan anggota koperasi untuk mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan spesifik mereka," tambah Cahyo.

Cahyo menginformasikan salah satu langkah utama dalam program ini adalah pengembangan dan implementasi sistem informasi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan koperasi. 

"Sistem ini dirancang untuk memudahkan manajemen data, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan aksesibilitas informasi bagi anggota," ucapnya.

Selain itu, sistem digital ini juga dilengkapi dengan fitur pelaporan yang memungkinkan pengurus koperasi untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan cepat.

Pelatihan intensif juga menjadi bagian integral dari program ini. Anggota dan pengurus koperasi dilatih untuk menggunakan sistem baru ini, termasuk cara memasukkan data, mengakses informasi, dan mengelola sumber daya secara efisien. 

Pelatihan ini tidak hanya menekankan pada penggunaan teknologi, tetapi juga pada pentingnya keterbukaan informasi dan transparansi dalam pengelolaan koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: