Penilaian Kepatuhan Pelayanan 2023, Dua Pemda Zona Hijau, Sisanya Zona Kuning

Penilaian Kepatuhan Pelayanan 2023, Dua Pemda Zona Hijau, Sisanya Zona Kuning

Ombudsman RI Perwakilan Lampung menggelar refleksi akhir tahun dan penyerahan penilaian kepatuhan 2023.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ombudsman RI Perwakilan Lampung mengadakan kegiatan penguatan pelayanan publik dan penyerahan hasil kepatuhan tahun 2023, pada Selasa 19 Desember 2023.

Pada acara tersebut Ombudsman RI Perwakilan Lampung juga menyampaikan refleksi pelayanan publik tahun 2023 Provinsi Lampung 

Di mana, tahun 2023 Ombudsman RI Perwakilan Lampung menerima laporan PVL (penerimaan dan verifikasi laporan) sebanyak 252 laporan LM dari target 150 LM.

Ombudsman RI Perwakilan Lampung tahun 2023 juga melakukan konsultasi laporan PVL sebanyak 473 konsultasi dari target 150 konsultasi.

BACA JUGA:Kronologis Penangkapan 2 Penjemput Tahanan Polda Lampung yang Kabur, Salah Satu Istri Tersangka Ikut Terlibat

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung Nur Rakhman mengatakan, kegiatan yang dilakukan hari ini ada dua, yaitu refleksi akhir tahun 2023 dan penyerahan hasil kepatuhan tahun 2023.

Untuk refleksi akhir tahun ini, kata Nut Rakhman, pihaknya menyampaikan hasil kerja selama satu tahun ini. Baik yang sudah dilakukan maupun yang sedang dilakukan.

"Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat sekaligus beberapa catatan dan terimakasih semua instansi yang responsif dalam menindaklanjuti laporan masyarakat yang masuk Ombudsman," ujar Nur Rakhman, Selasa 19 Desember 2023.

"Sehingga ini menjadi pengingat kembali dalam rangka bersama-sama perbaikan pelayanan publik," ucapnya.

BACA JUGA:Gawat! Banyak Warga Risau Bansos Dicoret Karena Tidak Satu Suara dengan Perangkat Kampung Terkait Pemilu

Menurut Nur Rakhman, ragam subtansi laporan yang masuk Ombudsman RI Perwakilan Lampung selama 2023 mayoritas terkait infrastruktur.

Hampir 50 persen dari substansi laporan yang ditangani Ombudsman. Kemudian terkait pendidikan ada seputar PPDB dan pendanaan pendidikan. Kepegawaian seputar PPPK pemda. Air bersih seputar ketersediaan air/air macet PDAM.

Kemudian ada laporan pertanahan seputar tumpang, PTSL, ganti rugi lahan. Seputar kepolisian ada penanganan laporan polisi dan ketertiban administrasi LP.

Tahun 2023, Ombudsman RI Perwakilan Lampung melaksanakan kajian terkait Tata Kelola Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga tingkat Lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: