Kemantapan Jalan Milik Provinsi Lampung Sentuh Angka 79 Persen

Kemantapan Jalan Milik Provinsi Lampung Sentuh Angka 79 Persen

Plt Kepala Dinas BMBK Lampung M Taufiqullah.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kemantapan jalan milik Provinsi Lampung semakin meningkat hingga akhir tahun 2023.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas BMBK setempat terus melakukan peningkatan kemantapan jalan Lampung.

Plt Kepala Dinas BMBK Lampung M. Taufiqullah mengatakan, kemantapan jalan milik Provinsi Lampung hingga akhir tahun 2023 mencapai 79 persen.

Dari jumlah tersebut masih ada sekitar 21 persen jalan Provinsi Lampung yang belum mantap. Masih dalam keadaan rusak berat maupun ringan.

BACA JUGA:Ini Prioritas Pengamanan Operasi Lilin Krakatau 2023 di Tanggamus Lampung

"Belum mantap ini dalam keadaan rusak berat dan rusak ringan. Sekitar 340 km lah yang masih belum baik. Dari 340 km ada 140 km masih gravel onderlagh dan batu kerikil. Kalau yang masih tanah sudah tidak ada lagi," ujar M. Taufiqullah, Jumat 22 Desember 2023.

Tentunya jalan yang belum mantap tersebut akan diperbaiki secara bertahap kedepan, untuk meningkatkan kemantapan jalan di Lampung. 

"Kita menerapkan skala prioritas karena uang kita terbatas. Kalau ditanyakan berapa kebutuhan dana untuk bangun jalan semuanya, butuh Rp 4 triliun," ucapnya.

"Sedangkan anggaran kita sekitar Rp 800 miliar sampai Rp 900 miliar. Secara bertahap atau gradual kita lakukan, tiap tahun kita perbaiki," ucapnya. 

BACA JUGA:Pelaksanaan Seleksi Pendamping PKH 2023 di Lampung Utara Ditunda, Begini Penjelasannya

Untuk itu di tahun 2024 ini selain penyelesaian 14 ruas jalan periortas, pihaknya juga memperbaiki jalan-jalan yang belum mantap.

Kata M. Taufiqullah, panjang jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Lampung sekitar 1.693 km, terdiri dari 99 ruas dan 16 koridor.

Selama tahun 2023 ini dari panjang jalan milik Provinsi Lampung pihaknya melakukan preservasi baik itu pembangunan, rehabilitasi, dan lainnya ada 115 kegiatan.

Di mana, pada APBD Murni 2023 ada 86 kegiatan preservasi jalan dan pada APBD Perubahan 2023 ada 29 preservasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: