Hujan Disertai Kilat Diprediksi Guyur Sebagian Besar Wilayah Provinsi Lampung

Hujan Disertai Kilat Diprediksi Guyur Sebagian Besar Wilayah Provinsi Lampung

Prakiraan cuaca hari ini di wilayah Lampung, beberapa daerah diprediksi mengalami hujan. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir melanda sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk Bandar Lampung, Selasa, 26 Desember 2023.

Meski terpantau hingga pukul 12.00 WIB cuaca di Bandar Lampung masih terasa sangat panas dan terik, BMKG memprakirakan sejumlah wialayah bakal diguyur hujan di Provinsi Lampung.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, Suhu udara berada di angka 23,0 °C – 32,0 °C.

Dan untuk wilayah Lampung bagian barat 16,0 °C–30,0 °C, dengan kelembapan udara 60–100 %. Lalu Angin Selatan–Barat Daya dengan kecepatan 05–20 knots (9 - 38 Km/Jam).

BACA JUGA:Peringatan HAB, Kemenag Lampung Bersama Bupati Pesawaran Tanam Mangrove

"Dengan begitu hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur diperkirakan berpotensi pada seluruh wilayah Lampung," katanya.

Bila berdasarkan prakiraan yang ada, hujan sejatinya berpotensi sejak pagi terjadi di wilayah Way Kanan, Lampung Barat, dan Tanggamus.

"Siang sampai sore hari diprakirakan berawan. Berpotensi hujan di wilayah Lampung Barat, Way Kanan, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandar Lampung, dan Lampung Tengah," sebutnya.

"Lalu malam hari diprakirakan berpotensi hujan di sebagian besar Lampung. Untuk dini hari diprakirakan berawan. Berpotensi hujan di wilayah Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur," bebernya.

BACA JUGA:Musim Penghujan, Kodim Tulang Bawang Ajak Elemen Masyarakat Bersihkan Pasar Menggala

Oleh karenanya, warga yang tinggal di daerah-daerah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diimbau untuk selalu waspada dalam menghadapi segala kemungkinan terjadi, baik itu genangan atau banjir.

"Potensi hujan lebat disertai kilatan petir dan angin kencang di Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesisir Barat, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji, dan Metro pada sore dan malam hari," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: