Amalan Doa di Hari Jumat Menurut Ustadz Adi Hidayat

Amalan Doa di Hari Jumat Menurut Ustadz Adi Hidayat

Doa yang dapat diamalkan ketika hari Jumat. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:6 Tips Liburan Murah 4 Hari 3 Malam di Malaysia Dengan Budget 2 Jutaan, Cek Rinciannya

Selanjutnya terdapat beberapa amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada hari Jumat mulai dari membaca Al Qur’an Surah Al Kahfi minimal pada ayat 1 sampai 10.

Hal ini sejalan dengan sebuah hadits riwayat Ad Darimi,”Barangsiapa yang memaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah,”.

Lalu ada juga hadits riwayat An Nasa’I dan Baihaqi yaitu “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat,” (HR An-Nasa’i).

pada hari Jumat sudah sepatutnya memperbanyak shalawat yang ditujukan kepada Baginda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam.

BACA JUGA:Tips Liburan Low Budget Dari Lampung ke Bandung Cuma 153 Ribuan, Cek Rinciannya

Lalu bagi kaum laki-laki disunnahkan agar mengenakan pakaian terbaik dan menggunakan wewangian atau parfum. Kemudian segera menghadiri shalat Jumat.

Di sisi lain, keutamaan hari Jumat di dalam agama Islam juga berkaitan dengan hari dimana diciptakannya Nabi Adam AS, yang kita kenal sebagai nenek moyang bagi umat manusia di Bumi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jum’at. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat,” (HR Muslim).

Kemudian Jum'at juga menjadi hari yang suci bagi umat Islam dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Bahkan hari Jumat disebutkan dalam Al Qur’an Surah Al Jumu’ah ayat 9 yang artinya:

BACA JUGA:Imbas Dukung Produk Pro Israel, Fans Internasional Ngaku Kecewa Dengan Doyoung NCT

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseur untuk menunaikan salat pada hari Jumat. Maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli,”. (QS Al Jumu’ah ayat 9).

Pada hari Jumat menjadi hari dimana amalan yang telah dikerjakan oleh setiap umat Islam akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. 

Allah SWT dalam firman-Nya Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 216, yang artinya:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai itu ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas Maha Mengetahui,” (QS Al Baqarah ayat 216).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: