Gandeng Perdami dan BCA, Pemkab Pesisir Barat Lampung Akan Gelar Operasi Katarak

Gandeng Perdami dan BCA, Pemkab Pesisir Barat Lampung Akan Gelar Operasi Katarak

Perdami Pesisir Barat Lampung gelar pengobatan katarak bersama pemkab setempat--

RADARLAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan BCA, akan menggelar operasi katarak yang dipusatkan di Rumah Sakir Umum daerah (RSUD) KH.Muhammad Thohir, Kecamatan Krui Selatan, 29 Oktober 2023 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan, kegiatan operasi katarak itu baru dilaksanakan di tahun 2023 yang merupakan kerjasama antara Pemkab Pesbar, Perdami, dan BCA.

Dirinya berharap dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

Sebelum pelaksanaan operasi katarak, masyarakat yang akan mengikuti operasi katarak itu terlebih dahulu harus mengikuti skrining pada 22 Oktober 2023.

BACA JUGA:Penembak Fery Ditangkap di Tanjung Pinang Kepri

"Setelah operasi katarak wajib kontrol hari ke-1 pada 30 Oktober 2023, dan hari ke-7 pada 5 November 2023 mendatang,” katanya, Selasa 3 Oktober 2023.

Sedangkan, kata dia, bagi masyarakat yang akan mengikuti kegiatan bakti sosial operasi katarak itu harus melengkapi persyaratan administrasi.

Persyaratannya, seperti Foto Copy KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat.

Selain itu, untuk persyaratan kesehatan lainnya yakni darah tinggi terkontrol maksimal 140/90, diabet/gula maksimal 180 mg/dl, dan pasien sehat serta kooperatif.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi HP 2 Jutaan Dalam Seri Oppo A59 5G, Bawa Layar 90Hz Hingga Dimensity 6020

“Masyarakat atau pasien yang akan mengikuti operasi katarak itu juga diharapkan untuk terlebih dahulu di periksa dokter atau ke Puskesmas terdekat,” jelasnya.

Masih kata Tedi, untuk tahap awal penjaringan pasien yang akan mengikuti operasi katarak itu dilakukan oleh Puskesmas diseluruh wilayah Kabupaten Pesbar.

Sedangkan, dalam pemeriksaan atau skrining di RSUD KH.Muhammad Thohir yang dijadwalkan pada 22 Oktober 2023 nanti akan dilakukan oleh dokter spesialis mata/Perdami rumah sakit setempat untuk memastikan apakah pasien dapat dilakukan operasi atau tidak.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Tekan Inflasi Dengan Operasi Pasar Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: