Dua Napi Teroris di Lapas Metro Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Dua Napi Teroris di Lapas Metro Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Kepala Lapas IIa Metro M. Mulyana--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 2 narapidana terorisme (napiter) mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA METRO, Kamis, 11 Januari 2024.

Kepala Lapas IIA Metro M. Mulyana mengatakan, dua orang napi terorisme tersebut merupakan napi terorisme jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Keduanya berasal dari Rutan Cikeas Bogor, yaitu Abdur Robbi Rodhiya, dan Isnaeni Giarto.

BACA JUGA:AKP Andri Gustami Berdalih Masuk Jaringan Fredy Pratama untuk Nyamar

"Iya, nama Isnaeni dan Robbi. Keduanya berasal dari Rutan Cikeas Bogor, dan sudah menjadi tahanan di Lapas Metro sekitar 3 bulan ini," ujarnya.

Dikatakannya, mengucapkan ikrar setia kepada NKRI adalah keinginan dari mereka sendiri.

"Iya mereka memiliki inisiatif sendiri untuk menyatakan ikrar setia kepada NKRI. Karena itu, kita lakukan hari ini. Pengucapan ikrar juga dihadiri oleh unsur Densus, BNPT, Kodim maupun Polres, serta Bapas," jelasnya.

BACA JUGA:Tiga Kecamatan di Kabupaten Pesawaran Jadi Lokus Imunisasi Rotavirus

Ia memaparkan, dari hasil asesmen Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), kedua napiter tersebut berperilaku baik.

"Saat awal kita menerima napi tersebut, ada dokumen penyerta dari BNPT yang merupakan hasil asesmen. Dan yang bersangkutan memang kooperatif," ungkapnya.

Meski sudah ada hasil asesmen yang dilakukan BNPT, saat tiba di Lapas Metro, kembali dilakukan asesmen terhadap dua napiter tersebut.

BACA JUGA:Hakim Curiga Tangan Kanan Fredy Pratama Masih Sembunyikan Hartanya

Hasilnya, kedua orang tersebut berperilaku baik dan tidak ada sikap radikal.

"Ketika sampai di Lapas Metro, kami lakukan asesmen kembali ya. Lalu, kita tunjuk pamongnya sebagai pemimpin mereka selama di sini. Kita juga lakukan pembinaan deradikalisasi bersama dengan BNPT serta Densus 88," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: