Percepatan Operasional Pelabuhan Batu Balai Limau, Ini yang Dilakukan Pemkab Tanggamus

Percepatan Operasional Pelabuhan Batu Balai Limau, Ini yang Dilakukan Pemkab Tanggamus

Percepatan pelabuhan Dermaga Batu Balai Limau.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tanggamus siap mendukung apa yang menjadi persyaratan terkait lahan, dukungan Amdal ataupun dukungan non teknis lainnya terkait percepatan operasional Pelabuhan Dermaga Batu Balai Limau.

"Kata kuncinya adalah, kami siap untuk membangun komunikasi koordinasi dan Kolaborasi," ungkap penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan dalam pertemuan membahas rencana pengoperasian pelabuhan dermaga Batu Balai dengan Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Muhammad  Masyhud, saat kunjungan kerja ke  Tanggamus beberapa waktu lalu.

Mulyadi Irsan mengatakan, jika ingin meningkatkan pembangunan ekonomi di Tanggamus, tidak ada jalan lain kecuali mengoperasikan pelabuhan Dermaga Batu Balai Limau.

Sebab, jika hanya mengandalkan dari Jalan  lintas barat saja, hal itu bisa berjalan tetapi tidak terlepas ada berbagai kendala yang terjadi.

BACA JUGA:Cek, Jurusan Prioritas Pada Pendaftaran CPNS 2024

"Pak kadishub sering ngejerit karena isu ODOL atau kendaraan angkut barang yang mengangkut barang dengan muatan melebihi kapasitas kendaraan. Itu yang berdampak terhadap besarnya pengeluaran APBN," tuturnya.

Sehingga, diharapkan peran dari pelabuhan yang ada di Tanggamus salah satunya batu balai, tidak terlepas untuk mengakomodir pergerakan sistem logistik nasional.

Dalam upaya membangun daerah, baik Tanggamus, Provinsi Lampung maupun nasional, tidak ada kata lain yang di harapkan, salah satunya melalui pengoperasian pelabuhan Batu Balai, adalah solusinya.

"Kalau nanti memang pelabuhan di operasionalkan, maka keberadaan pelabuhan bisa menjadi pengembangan, baik untuk orang, barang ataupun pelabuhan perikanan. Semua ini tidak terlepas keinginan kita semua agar ruang diwilayah pesisir Tanggamus ini, bermanfaat," Pungkas Pj bupati Mulyadi Irsan.

BACA JUGA:Polres Pringsewu Tilang Belasan Sepeda Motor, Ternyata Penyebabnya

Lebih jauh Mulyadi Irsan menerangkan, beberapa macam industri yang ada, baik itu pertambangan, lobster di pesisir barat, kelapa sawit, kopi dan lainnya.

"Saya yakin kedepan bilamana pelabuhan itu sudah berfungsi, akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Tanggamus," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: