Tahun 2024 Pemprov Lampung Akan Beri Layanan Kepada Disabilitas di Enam Kabupaten/Kota, Ini Daerahnya

Tahun 2024 Pemprov Lampung Akan Beri Layanan Kepada Disabilitas di Enam Kabupaten/Kota, Ini Daerahnya

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Yansos Jejama (pelayanan sosial jejaring masyarakat) pada APBD murni tahun 2024 menyasar enam kabupaten/kota.

Program Yansos Jejama ini merupakan program inisiasi dan inovasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk menjaring penyandang disabilitas di Lampung yang belum mendapat layanan rebalitasi dari pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Aswarodi mengatakan, Program Yansos Jejama ini lahir atas inisiasi dari Gubernur Lampung terkait misi ketiga gubernur, yaitu pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Program ini muncul setelah melihat masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum mendapat pelayanan rehabilitasi dari pemerintah.

BACA JUGA:Tranformasi Perpusda Menjadi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Ini Sederet Fasilitasnya

Dari total sekitar 40 ribu penyandang disabilitas di Lampung, saat itu baru sekitar 10 ribu penyandang disabilitas yang mendapat layanan rehabilitasi dari pemerintah.

Pelayanan penyandang disabilitas yang dilakukan oleh dinsos, kata Aswarodi, melalui UPTD PRSPD milik Dinsos Lampung di Jl. Pramuka, Bandar Lampung dan melalui LKS-LKS di 15 kabupaten/kota.

"Dari UPTD PRSPD dan LKS-LKS itu baru mampu memberikan layanan rebalitasi kurang lebih sekitar 10 ribu penyandang disabilitas," ujar Aswarodi, Minggu 14 Januari 2024.

Setelah dilakukan identifikasi oleh pihaknya, menurut Aswarodi sekitar 70 persen penyandang disabilitas yang belum mendapatkan layanan rehabilitasi dari pemerintah berada di daerah 3T.

BACA JUGA:Maksimalkan Kolaborasi Pentahelix, Pemprov Lampung Optimis Capai Target Prevalensi Stunting 2024

"Yang memang sulit untuk memperoleh jangkauan informasi dan sulit untuk mendapatkan akses transportasi. Jadi akan sangat sulit untuk mereka (penyandang disabilitas, red) datang langsung ke Dinsos Lampung atau ke LKS-LKS," ungkapnya.

Maka dari itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menginisiasi melalui Program Yansos Jejama untuk menjangkau penyandang disabilitas yang belum terjangkau itu 

Aswarodi menjelaskan, Program Yansos Jejama ini adalah kegiatan pelayanan rehabilitasi kepada penyandang disabilitas dengan mendekatkan pelayanan rebalitasi tersebut ke lokasi dimana penyandang disabilitas itu tinggal.

"Jadi mekanismenya kita bawa tim lengkap dari provinsi yang dinamakan tim Yansos Jejama jejama, terdiri dari dokter RSUD, doker RSJ, psikiater, pekerja sosial, BPJS, Disdukcapil dan lainnya. TIM kita bawa ke mana tempat disabilitas itu tinggal," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: