Februari, Tanam Perdana Kedelai Seluas 1.000 Hektar akan Dilaksanakan di Pesawaran

Februari, Tanam Perdana Kedelai Seluas 1.000 Hektar akan Dilaksanakan di Pesawaran

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Peswaran Sam Herman.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan mengembangkan tanaman kedelai di atas lahan seluas 1000 hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Peswaran Sam Herman mengatakan, pengembangan tanaman kedelai seluas 1.000 hektar tersebut merujuk surat Menteri Pertanian nomor 421/TU.020/C.4/12/2023 dan arahan Menteri Pertanian pada rapat koordinasi UPSUS akselerasi peningkatan produksi padi dan jagung.

Di mana, Mentan mengintruksikan kepada Gubernur Lampung untuk mengembangkan kedelai produktivitas tinggi seluas 1.000 hektar.

“Program pengembangan tanaman kedelai ini memang intruksi pak Manteri, saat beliau kunjungan ke Lampung,” ungkap Sam Herman, Senin 15 Januari 2024.

BACA JUGA:Polwan Cantik Kapolsek Termuda di Lampung, Dua Bulan Menjabat Ungkap Empat Kasus

Dikatakan, kedelai seluas 1.000 hektar tersebut akan ditanam di beberapa kecamatan. Seperti Kecamatan Gedongtataan di Desa Taman Sari, Bogorejo, Suka Banjar.

Lalu di Kecamatan Negerikaton Desa Kalirejo, dan Tegineneng Desa Bumi Agung.

Di mana, selain mendapat bantuan bibit kedelai, petani juga akan mendapat bantuan pupuk, pelatihan, alsintan, serta sarana prasarana pendukung lainnya seperti alat tanam kedelai, sumur bor dan sarana lainnya.

“Nah, mulai dari penanaman, kita berikan penyuluhan hingga nantinya pemasaran hasil produksi,” ucapnya.

BACA JUGA:Agen Mitra UMi BRILink Ini Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir

Menurut mantan Kadis Perindag Pesawaran ini, rencananya tanam perdana kedelai akan dilaksanakan pada Februari.

Dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Pak Gubernur Lampung. Dan untuk panen raya rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pertanian.

“Untuk penjualan rencananya kita akan menggandeng BUMdes. Dan untuk pihak pembeli, kita sudah jajaki dengan orang Jawa Tengah,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: