Disdukcapil Lampung Utara Bukukan Perekaman KTP-el Sebanyak 517.846 Orang

Disdukcapil Lampung Utara Bukukan Perekaman KTP-el Sebanyak 517.846 Orang

Perekaman Kartu Tanda Kependudukan elektronik (KTP-el) yang telah dilaksanakan sepanjang 2023 di wilayah Kabupaten Lampung Utara(Lampura) mencapai 517.846 penduduk.--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Perekaman Kartu Tanda Kependudukan elektronik (KTP-el) yang telah dilaksanakan sepanjang 2023 di wilayah Kabupaten Lampung Utara(Lampura) mencapai 517.846 penduduk.

Angka tersebut masih lebih tinggi dari wajib KTP, sebanyak 471.539 orang. Namun masih dibawah jumlah penduduk, yakni sebanyak 662.947 orang.

Yang berasal dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), diberikan per semester dalam tahun berjalan. Dan data perekaman sendiri dilakukan setiap harinya, serta dilakukan pendataan setiap bulannya.

"Jadi data itu perekaman yang kita bukukan setiap bulannya, pasti adalah perubahan. Khususnya mereka yang memasuki usia 17 tahun, atau dapat mencoblos pada pemilu, tanggal 14 Februari mendatang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lampura, Maryadi, Selasa 30 Januari 2024.

BACA JUGA:8 Referensi Negara yang Membuka Peluang Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia, Cek Daftar Beasiswa yang Tersedia

Untuk mengejar target, khususnya mereka yang telah dapat menyalurkan suaranya pada hari pencoblosan (H) pemilu 2024 ini menurutnya telah dengan berbagai upaya. Baik itu sosialisasi langsung dan jemput bola kelapangan, atau petugas yang melaksanakan pembinaan dilapangan.

"Seperti kemarin, kita melaksanakan perekaman langsung di Kantor Kecamatan Abung Selatan. Selain itu, juga mensosialisasikan masalah perekaman, untuk anak sekolah. Khususnya jenjang SMA yang telah memasuki usia mencoblos per tanggal 14 Februari 2024 ini," terangnya.

Oleh sebab, itu pihaknya mengajak masyarakat untuk proaktif. Termasuk Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang secara masif terus digencarkan dilapangan.

"Disela - sela itu juga kita melaksanakan sosialisasi program pemerintah pusat tersebut. Yakni satu data untuk Indonesia," tambahnya.

BACA JUGA:3 Konsep Unik Hotel Berbintang di Bandar Lampung Spesial Imlek, Ada Yang Konsep Luminous Dinner

Sebagai informasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampura membuka pelayanan di hari libur atau pada Sabtu. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). 

"Untuk percepatan perekaman KTP-el, kami buka pelayanan pada Sabtu di Kantor Dinas Dukcapil Lampung Utara, di Jalan Pahlawan Kotabumi depan kantor Pemda," kata dia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: