Bagaimana Hukumnya Jika Lupa Baca Bismillah di Awal Wudhu? Ini Hadisnya

Bagaimana Hukumnya Jika Lupa Baca Bismillah di Awal Wudhu? Ini Hadisnya

Hukum wudhu sah atau tidak jika lupa membaca bismillah. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan hukum wudhu dalam Islam jika ada seseorang yang lupa membaca bismillah di awal wudhunya.

Sebagian orang mungkin pernah lupa membaca bismillah ketika melakukan sesuatu misalnya berwudhu. Ketika wudhu dan lupa baca bismillah itu bagaimana hukumnya dalam Islam? Apakah wudhunya sah atau tidak.

Kemudian bagaimanakah hukum sholat yang dikerjakan oleh orang yang lupa membaca bismillah di awal wudhu.

Ibnu Hajar Al-Aqsani sebagaimana disebutkan dalam Talkhish Al-Habir mengatakan:

BACA JUGA: Tidak Mengucapkan Bismillah Ketika Wudhu Sah atau Tidak? Simak Penjelasan Syekh Ali Jaber

“Nampak bahwa dilihat dari berbagai macam jalur, hadits yang membicarakan anjuran bismillah saat wudhu saling menguatkan, yang menunjukkan adanya ajaran akan hal itu,”.

Pada sebagian ulama, mereka mendhaifkan hadits tentang hukum bagi orang yang lupa membaca bismillah di awal wudhu.

Namun jika dilihat dari berbagai jalur, haditsnya justru menjadi kuat. Lalu penafian atau peniadaan yang disebutkan dalam hadits adalah kesempurnaan.

Hal ini merujuk pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

BACA JUGA: Masuk Harga 3 Jutaan, Cek Spesifikasi Redmi Note 13 Pro Edisi Spesial Tahun Baru Imlek

“Tidak ada shalat bagi yang tidak ada wudhu. Tidak ada wudhu bagi yang tidak membaca bismillah di dalamnya,” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Sehingga meskipun tidak ada hadits yang membicarakan tentang wudhu yang dlakukan oleh Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.

Sebagaimana hadits riwayat ‘Abdullah bin Zaid, Utsman bin ‘Affan, dan juga Ibnu ‘Abbas yang tidak menyebutkan bismillah di dalamnya.

Jadi ketika penafian yang ada dimaknakan tidak sempurna, namun tetap ada anjuran membaca bismillah di awal wudhu meski tidak menunjukkan wajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: