Prabowo Akan Beri Dana Abadi Budaya untuk Lestarikan Budaya Indonesia

Prabowo Akan Beri Dana Abadi Budaya untuk Lestarikan Budaya Indonesia

Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto minta maaf kepada Paslon 1 dan 2 diakhir debat kandidat presiden--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Calon presiden nomor dua, Prabowo Subianto, mengatakan bahwa pihaknya berencana memberikan dana abadi budaya untuk membantu aktivis budaya Indonesia melestarikan budayanya.

 “Kami, Prabowo Gibran, sedang merencanakan dana abadi budaya untuk mendukung seluruh pelaku kebudayaan,” kata Prabowo dalam debat presiden KPU edisi ke-5 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (2/4). 

Apalagi, Prabowo menilai pelestarian budaya sangat penting karena budaya membentuk karakter bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Prabowo Singgung Makanan Bergizi, Ganjar Bahas Nakes, Anies Soroti Ketimpangan

Katanya, kalau kita tidak menjaga budaya, sama saja kita tidak menjaga jati diri bangsa. 

“Kebudayaan sangatlah penting. Kebudayaan adalah karakter suatu bangsa. Tanpa kebanggaan, rasa hormat, dan pelestarian budaya sendiri, kita akan kehilangan jati diri sebagai bangsa,” ujarnya. 

Prabowo sendiri sudah mengabdi pada Pencak Silat selama 37 tahun. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Puncak Silat Seluruh Indonesia Masa Bakti (PB IPSI) tahun 2021 hingga 2025.

BACA JUGA:Anies Ingin Negara Pandang Bidang Pendidikan Sebagai Investasi

"Ini suatu keharusan bagi kami. Kebudayaan kita adalah contoh seni bela diri yang diwarisi nenek moyang kita. Saya telah berlatih Pencak Silat selama 37 tahun. Belum lagi budaya lain seperti tari sendratari, wayang kulit, wayang orang, wayang golek dan segala jenis musik kita," imbuhnya.

Sejalan dengan itu, ia menegaskan pemerintah harus turun tangan secara langsung dan menjadi pionir dalam melestarikan budaya dan mendukung masyarakat di segala bidang.

"Pemerintah bukan hanya sekedar regulator. Mereka berada di garis depan, mereka adalah pionir, mereka melakukan intervensi bila diperlukan, mereka bekerja untuk dan membantu masyarakat. Dan di bidang kebudayaan juga, pemerintah adalah kita harus menjadi terdepan dalam melestarikan seluruh kebudayaan kita di segala bidang,” ujarnya.

BACA JUGA:Ganjar Tak Setuju Program Memberi Makan Gratis ke Anak-Anak Untuk Cegah Stunting, Ini Alasannya

Prabowo pun mengaku terbuka terhadap berbagai gagasan terkait upaya pelestarian budaya yang diajukan paslon pertama dan ketiga.

“Jika sebuah ide bagus muncul, saya bisa menerima dan mendukungnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: