PMB 2024, Unila Terima 9.815 Mahasiswa Baru

PMB 2024, Unila Terima 9.815 Mahasiswa Baru

Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Sosialisasi dan Launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024, Selasa, 6 Februari 2024. Pada PMB 2024, Unila menerima 9.815 mahasiswa baru.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Sosialisasi dan Launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024, Selasa, 6 Februari 2024. Pada PMB 2024, Unila menerima 9.815 mahasiswa baru.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila yang juga Ketua Panitia PMB Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T. menyatakan Unila telah berkembang dan memiliki 8 fakultas dengan berbagai disiplin ilmu dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU).

"Unila telah membuktikan diri sebagai salah satu PTN papan atas di Indonesia dengan berbagai raihan prestasi sepanjang 2023. Unila saat ini berstatus akreditasi Unggul, predikat akreditasi tertinggi yang bahkan belum semua PTN mampu meraihnya," katanya.

Dengan status tersebut, kata Suripto, Unila dapat melakukan pengelolaan secara otonom dan lebih kreatif dalam melanjutkan upaya menjadikan Unila sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika Minta Semua Komponen Bersatu

"Berbagai perubahan regulasi tentang PMB Program Diploma dan Sarjana pada PTN elah mengatur prinsip-prinsip perubahan. Mendorong pembelajaran yang menyeluruh, lebih fokus pada kemampuan penalaran, lebih transparan, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman siswa, serta lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya jenjang sarjana namun juga jenjang diploma," ujarnya.

Sejak 2023, kata Suripto, Unila mengusung tagline PMB Unila Proaktif (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif).

"Prinsip Proaktif ini telah dilakukan secara nyata dilaksanakan dengan melakukan berbagai langkah strategis dengan melibatkan unsur pengawasan internal melalui SPI, melaksanakan konsultasi dan audiensi dengan pihak eksternal seperti unsur Dewan Pengawas Unila, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan juga pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ungkapnya.

Langkah-langkah tersebut, kata Suripto, pada 2023 telah terbukti mampu mengembalikan marwah dan citra Unila sebagai salah satu perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Provinsi Lampung dan perguruan tinggi papan atas di Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Instansi yang Buka Formasi CPNS 2024 Bagi Lulusan D3 Sekaligus Persyaratan Lengkap

''Hal ini tercermin dari meningkatnya kembali kepercayaan masyarakat pada Unila dengan meningkatnya peminat PMB Unila pada berbagai jalur masuk. Pengakuan dari pihak eksternal pun diwujudkan dengan berhasilnya Unila meraih predikat Akreditasi Unggul dari BAN-PT pada penghujung 2023," katanya.

PMB 2024, kata Suripto, ada 3 jalur penerimaan yakni SNBP  (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) yang sebelumnya adalah SNMPTN dengan kuota minimum 20%; SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) yang sebelumnya disebut SBMPTN dengan kuota minimum 40% (kriteria berdasarkan hasil UTBK; dan Seleksi Mandiri dengan kuota maksimum 30%.

''Pada jalur Mandiri saat ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan yang diwujudkan dalam penyampaian informasi yang menyeluruh dan mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam proses pengawasan, sehingga seleksi secara mandiri dapat terlaksana secara transparan dan akuntabel," ujarnya.

Pada 2024 ini, kata Suripto, kuota daya tampung  Unila untuk jenjang Sarjana (S-1) dan Vokasi/Diploma yakni 9.815 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: