Serah Terima Operasional Inpres Jalan Daerah 2023, Pemda Diminta Mulai Anggarkan Anggaran Perawatan

Serah Terima Operasional Inpres Jalan Daerah 2023, Pemda Diminta Mulai Anggarkan Anggaran Perawatan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyaksikan Kepala BPJN Lampung Susan Novelia dan Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menandatangani serah terima operasional Inpres jalan daerah 2023.---Sumber Foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung bersama pemerintah daerah (pemda) melakukan serah terima operasional Inpres jalan daerah tahun anggaran 2023.

Penyerahan berlangsung pada Rabu 7 Februari 2024 di Hotel Santika Premiere yang dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Kepala BPJN Lampung Susan Novelia mengatakan, Presiden RI melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah, menginstruksikan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan jalan daerah.

Jalan daerah yang dibangun merupakan jalan yang terhubung dan terintegrasi, utamanya untuk mendukung produktivitas kawasan industri, kawasan pariwisata, kawasan perkebunan, kawasan pertanian, dan kawasan produktif lainnya, serta membantu meningkatkan kemantapan.

BACA JUGA:Caleg DPD RI Nomor Urut 4 Almira Nabila Fauzi Fokus Pengembangan UMKM Lampung

Tujuannya dalam rangka percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah untuk memberikan manfaat maksimal dalam mendorong perekonomian nasional maupun daerah.

Kemudian, menurunkan biaya logistik nasional, menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, dan membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap, sebagai upaya mendukung pencapaian target RPJMN tahun 2020-2024. 

Kata Susan Novelia, berdasarkan kunjungan kerja Presiden RI Mei 2023 ke Provinsi Lampung, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran sebesar Rp 806 miliar untuk kegiatan Inpres jalan daerah.

Total ada 21 paket pekerjaan yang terdiri dari 17 paket konstruksi dan 4 paket pengawasan teknik. 

BACA JUGA:Sosok Bripda Selly Septiani, Polwan Cantik Berprestasi Jago Bela Diri Asal Lampung

Adapun paket-paket tersebut tersebar pada 11 kabupaten di Lampung yang menangani jalan provinsi dan jalan kabupaten dengan total penanganan kurang lebih sepanjang 102 Km.

Disampaikan Susan Novelia, pada akhir tahun anggaran 2023,  BPJN Lampung bersama OPD telah melakukan kegiatan monitoring pada beberapa paket pekerjaan Inpres jalan daerah tersebut.

"Dari hasil kunjungan lapangan dapat diketahui bahwa masa pelaksanaan di seluruh kegiatan konstruksi sudah berakhir dan selesai pada bulan Desember tahun 2023," ujar Susan Novelia, Rabu 7 Februari 2024.

Lanjut Susan Novelia, kegiatan serah terima ini merupakan kegiatan serah terima pertama terhadap pekerjaan Inpres jalan daerah tahun 2023. Sekarang dalam tahap serah kelolah atau operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: