Lanjutkan Program Home Care, Pemkot Metro Target Sasaran Mencapai 17 Ribu Jiwa

Lanjutkan Program Home Care,  Pemkot Metro Target Sasaran Mencapai 17 Ribu Jiwa

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro targetkan sekitar 17 ribuan jiwa warga Kota Metro memperoleh program home care. Foto Dok --

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) METRO targetkan sekitar 17 ribuan jiwa warga Kota METRO memperoleh program home care.

Dari data yang dihimpun, tahun 2023 lalu, jumlah sasaran dari program home care mencapai 36.119 KK, dan target sebanyak realisasi 13.743 KK.

Wali Kota Metro Wahdi melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro mengatakan, tahun 2024 ini, program home care bersinergi dengan Perangkat Kecamatan maupun Kelurahan, serta beberapa OPD.

"Tahun ini target kita menyasar sekitar 17 ribuan jiwa," kata dia.

BACA JUGA: Pinjaman Tanpa Agunan KUR BCA 2024, Cek Syarat Terbaru Ajukan Modal Rp 15 Juta, Angsuran Mulai Rp290 Ribu

Eko menjelaskan, program home care dijalankan melalui Puskesmas di masing-masing kelurahan. Sasarannya antara lain, pasien usia lanjut dengan penderita Hipertensi, Diabetes Mellitus, Stroke, Gagal Ginjal, kanker, dan jantung.

"Ibu hamil resiko tinggi (resti), ibu nifas resti, BBLR, balita gizi kurang sampai gangguan kesehatan mental, disabilitas atau gangguan fisik," ujarnya.

Eko menjelaskan, selain target program home care yang ditingkatkan, pihaknya juga akan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Target kita memang bertambah ya. Nah, kita juga akan berikan edukasi kepada masyarakat penerima manfaat program. Lalu, jika ada pasien yang harus ditangani langsung oleh dokter, maka kita akan langsung jemput dan antar ke rumah sakit rujukan kita RSU Sumber Sari dan RSUD Ahmad Yani Kota Metro,” jelasnya.

BACA JUGA: Daftar Mobil Matic 2024 yang Punya Mesin Paling Bandel dan Tangguh Di Perjalanan

Untuk diketahui, program Home Care merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Walikota Metro. Program home care terbukti sangat bermanfaat bagi warga Metro yang secara fisik kesulitan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan.

Program kesehatan dengan sistem jemput bola tersebut dilakukan oleh tenaga medis, yang sangat mengutamakan penyembuhan secara medis maupun psikis.

Selain bantuan medis, dalam program home care tersebut juga diberikan bantuan sosial yang juga melibatkan beberapa OPD salah satunya adalah Dinas Sosial Kota Metro.

Di mana, Dinas Sosial bisa melihat data masyarakat lansia dan disabilitas yang membutuhkan perhatian khusus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: