Balikkan Keadaan di Tengah Ketidakmungkinan

Balikkan Keadaan di Tengah Ketidakmungkinan

--

"Ini sangat membantu sekali. Ya, tarif yang ada pun menyesuaikan dengan fasilitas peristirahatan. Yang terpenting kami ke Lampung ga perlu berlama-lama di jalanan lagi," imbuhnya.

BACA JUGA:Hidup Mulus Dengan Sholawat Nariyah, Ini Bacaan Latin dan Artinya

Lain hal dengan Putri Ilham (29) yang begitu antusias menancapkan gas kendaraannya menuju Lampung untuk berlibur bersama keluarga.

Putri menyebut dengan adanya jalan tol tersebut, dirinya mampu mengabulkan waiting list yang selama ini hanya berdiam di buku untuk menjelajahi indahnya Provinsi Lampung.

"Di Lampung ini banyak pantai yang bagus. Kami hanya punya waktu setahun sekali mengunjunginya sebab terlalu lelah di perjalanan dan banyak yang tidak tereksplorasi," ujar warga Prabumilih ini.

Dengan perjalanan selama 4 jam rute Palembang menuju Lampung, dirinya bisa kapan saja mengunjungi tempat wisata keren lainnya.

BACA JUGA:Wakil Rektor Unila Resmikan FEB Mart by Kopma

"Jadi kapan pun ada libur baik itu tanggal merah atau libur lebaran kita bisa pergi hari itu juga, tanpa lelang sekali di perjalanan," imbuhnya. 

Di sisi lain, pengamat ekonomi sekaligus Akademisi Universitas Lampung (Unila), Marselina, memandang keberadaan JTTS selama satu dekade ini memang berhasil memunculkan peningkatan ekonomi utamanya di bidang pariwisata dan jasa untuk Provinsi Lampung.

"Secara umum pengaruh JTTS ini sangat signifikan untuk peningkatan ekonomi di suatu wilayah. Arus barang jasa dan arus orang dominan di Lampung ini," kata Marselina.

Menurutnya, di Provinsi Lampung khususnya ada pada arus orang karena terindikasi dari peningkatan kunjungan wisatawan yang datang dari luar wilayah.

BACA JUGA:Wisata Unik Aek Sabaon Tapanuli Selatan Jadi Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga, Suasananya Serasa di Swiss

"Kemudian demikian juga dari arus barang yang bisa kita lihat dari indikasi yang landai atau tidak tinggi, dengan artian distribusi barang lancar itu yang membuat tingkat inflasi terkendali," ungkapnya.

Begitu juga dengan pembangkitan ekonomi pasca pandemi dipengaruhi adanya JTTS yang membuat perekonomian kembali pulih.

"Saya dampaknya positif, kita bisa pulih dari Pandemi Covid 19 cepat karena salah satunya terdorong dari infrastruktur tol tadi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: