Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Kimia, FKIP Resmi Dibuka

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Kimia, FKIP Resmi Dibuka

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., mewakili Rektor, secara resmi membuka kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP Unila oleh Lembaga Akreditasi Mandiri--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., mewakili Rektor, secara resmi membuka kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP Unila oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari secara luring, yakni pada Jumat hingga Sabtu, 1–2 Maret 2024, di Ruang Dekanat Gedung A lantai dua FKIP.

Hal ini merupakan tahapan penting dalam menilai kelayakan sebuah prodi dan perguruan tinggi sesuai kriteria yang ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012).

Dr. Suripto menyampaikan, Unila sudah memperoleh akreditasi Unggul sejak Oktober 2023.

BACA JUGA:Hadiri Bhakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RSUD Kota Agung, Ini Kata Pj. Bupati Tanggamus Lampung

Unila saat ini tengah melakukan internasionalisasi pada tahun 2023 dengan 20% dari seluruh prodi yang sudah mencapai akreditasi internasional.

Pimpinan Unila terus berkomitmen untuk menjaga posisinya di papan atas Liga BLU agar tetap mampu bersaing di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Melalui sistem penjaminan mutu yang ada di Unila, proses pembelajaran pada prodi selalu dipantau secara berkala di bawah naungan LP3M.

FKIP Unila merupakan salah satu fakultas yang mampu menyumbang indikator kinerja utama (IKU) terbaik, terutama pada capaian IKU-4 dan IKU-7.

BACA JUGA:Mau Turunin Badan Sampai 10 Kg Selama Ramadhan? Ikuti 4 Menu Makanan Diet Sehat untuk Berbuka Puasa

Diharapkan hasil dari asesmen lapangan ini dapat meningkatkan mutu institusi, mendorong perbaikan dan inovasi, serta menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas, khususnya dalam prodi Pendidikan Kimia.

Dalam pembukaan asesmen, turut hadir Dekan FKIP beserta jajaran, Sekretaris LP3M, Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M, Pendamping Internal Akreditasi, Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan MIPA.

Kemudian, Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Kimia, Kepala Laboratorium, para dosen, tenaga kependidikan, dan alumni pendidikan Kimia.

Tim asesor LAMDIK yang bertugas dalam asesmen lapangan ini meliputi Prof. Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir, M.Si., dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: