Bandar Lampung Diguyur Hujan Lebat, BPBD dan BMKG Lampung Ingatkan Potensi Banjir Hingga DBD

Bandar Lampung Diguyur Hujan Lebat, BPBD dan BMKG Lampung Ingatkan Potensi Banjir Hingga DBD

Hujan lebat yang berpotensi sebabkan banjir dan perkembangbiakan virus DBD. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA: Buat Pejuang Reels, Ini Cara Cepat Monetisasi Iklan Konten Facebook Pro

Merujuk pada pantauan citra satelit prakiraan area hujan yang terjadi pada hari ini mulai pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Adapun daftar kabupaten terdampak hujan di antaranya Kota Bandar Lampung, Metro, Way Kanan, Lampung Timur, Lampunh Selatan, Tulang Bawang Barat dan Tulang Bawang.

Lalu wilayah Mesuji, Lampung Tengah, Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Pringsewu, Pesawaran hingga Lampung Utara.

Selain itu BPBD Provinsi Lampung juga turut menghimbau Masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan sedang yang diperkirakan mulai dari malam hari sampai dini hari.

BACA JUGA: 6 Daerah Uji Coba Implementasi BPJS Kesehatan Jadi Syarat Bikin SKCK, Cek Kettentuan Bikin Baru dan Perpanjang

Karena di beberapa titik diperkirakan akan terjadi hujan yang berpotensi menyebabkan banjir.

Hal ini tentunya harus betul-betul meningkatkan kewaspadaan Masyarakat, khususnya yang tinggal di pemukiman dengan kondisi tanah yang rendah.

Apalagi beberapa waktu lalu terjadi banjir di Bandar Lampung yang menyebabkan sejumlah rumah terendam bahkan hanyut.

Di sisi lain, bukan hanya banjir saja yang harus menjadikan tingkat kewaspadaan lebih tinggi. Namun di musim hujan seperti sekarang ini pun dapat mengundang penyakit karena menjadi fase perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah.

BACA JUGA: Harga 5 Jutaan, Intip Fitur Unggulan Redmi Note 13 Pro Plus, Bawa Kamera 200MP OIS serta Dimensity 7200-Ultra

Musim hujan dikenal sebagai fase yang baik untuk perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti sebagai pembawa virus DBD melalui gigitannya.

Virus ini memang tidak akan langsung aktif ketika masuk ke dalam tubuh, akan tetapi baru mulai terasa sekitar 12 hari dalam masa inkubasi.

Setelah masa inkubasi selesai, maka virus baru dapat ditularkan dari nyamuk ke manusia melalui gigitannya.

Kemudian virus yang satu ini akan masuk ke dalam darah manusia lalu menginfeksi sel-sel yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: