Tata Cara Buka Puasa di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah, Lengkap Dengan Doa Berbuka yang Shahih

Tata Cara Buka Puasa di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah, Lengkap Dengan Doa Berbuka yang Shahih

Cara berbuka puasa yang benar menurut anjuran sunnah. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:Penggemar Histeris! Ahyeon Tampil Perdana Dalam Teaser Mini Album Babymonster

Artinya:”Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki,” (HR Abu Daud, An-Nasa’i dalam As Sunan Al-Kubro dan selainnya).

Kaum Muslimin wal Muslimah harus memahami bahwa mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan meupakan ibadah yang sangat agung.

Bahkan pahala puasa yang dijanjikan oleh Allah tidak terbatas ganjaran kebaikan yang akan dibalas kepada siapa saja yang berpuasa karena mencari ridha-Nya.

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman:”Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya,” (HR Muslim).

BACA JUGA:Rekomendasi HP Android Murah 2 Jutaan Lewat Seri Realme 12 5G 2024

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:”Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah. Maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan juga dapat memberikan syafaat di hari kiamat kelak.

Berpuasa karena Allah juga bisa menjadi bekal sekaligus perisai atau pelindung diri dari api neraka.

Puasa akan menjadi perisai yang melindungi kita dari syahwat terlarang sehingga menghalangi diri dari panasnya api neraka yang membara.

BACA JUGA:Cara Atasi Pelanggaran Kebijakan Monetisasi Konten FB Pro

Orang-orang yang mengerjakan ibadah puasa karena mencari ridha dan karunia Allah pun akan diganjar dengan ampunan dan pahala yang besar.

Dengan mengerjakan ibadah puasa, itu juga bisa menjadi sebab seseorang masuk ke dalam surga-Nya melalui pintu khusus.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:”Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa,” (HR Bukhari). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: