Bolehkah Menunda Waktu Berbuka Puasa? Begini Hukumnya

Bolehkah Menunda Waktu Berbuka Puasa? Begini Hukumnya

Hukum menunda waktu berbuka puasa. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.IDRamadhan Mubarak! Berikut ini merupakan kajian Islam tentang hukum menunda waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Bolehkah kita menunda-nunda waktu untuk berbuka puasa setelah menahan lapar dan dahaga seharian?

Menunda waktu berbuka puasa sebenarnya mungkin saja terjadi ketika seseorang sedang berada dalam perjalanan.

Akan tetapi dalam pandangan Islam maupun sisi kesehatan hal ini tidak dianjurkan karena memiliki dampak yang kurang baik.

BACA JUGA:Ingat! Ini 3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Kemudian berkaitan dengan hukum menunda buka puasa dimakruhkan apabila orang itu sengaja melakukannya dan memandang seakan ada keutamaan jika ia menunda waktu berbuka.

Hal tersebut dijelaskan oleh Al-Imam Taqiyyuddin Al-Hisni beliau berkata:”Dimakruhkan menunda buka puasa, jika ia sengaja untuk itu dan memandang seakan menunda puasa itu ada keutamaan di dalamnya,”.

Dalam pandangan Islam, sebagaimana diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa,” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Resep Buak Tat Camilan Tradisional Pesisir Barat Lampung, Solusi Bunda untuk Menu Takjil Ramadan - Lebaran

Kemudian ada pendapat dari Asy-Syaikh ‘Abdul Hamid Asy-Syirwani, beliau menjelaskan:”…karena di dalam penyegeraan berbuka itu ada (hikmah) berupa menyelisihi orang-orang Yahudi, Nasrani dan banyak dari kalangan mubtadi’ah (ahli bid’ah) seperti Syi’ah yang menunda berbuka sampai tampaknya Bintang,”.

Ada juga penjelasan dari Al-Imam Ibnu Qasim Al-Ghazzi berkata:”Disunnahkan menyegerakan berbuka jika ia telah yakin akan tenggelamnya matahari (waktu magrib). Apabila ia ragu-ragu (sudah magrib atau belum), maka hendaknya ia tidak menyegerakan berbuka,”.

Kemudian dalam pandangan ilmu kesehatan, menunda waktu berbuka puasa itu dapat dikatakan sebagai suatu kebiasaan yang tidak baik.

Penting diketahui dan dipahami bahwa menunda waktu berbuka bukanlah suatu kebiasaan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: