Resep Buak Tat Camilan Tradisional Pesisir Barat Lampung, Solusi Bunda untuk Menu Takjil Ramadan - Lebaran

Resep Buak Tat Camilan Tradisional Pesisir Barat Lampung, Solusi Bunda untuk Menu Takjil Ramadan - Lebaran

Buak Tat Camilan Tradisional Pesisir Barat Lampung bisa dijadikan menu takjil ramadan maupun sajian lebaran. Ilustrasi/Foto [email protected]

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Bagi bunda semua yang ingin menyiapkan camilan tradisional untuk keluarga kesini merapat.

Bagaimana, kalau menyajikan dengan berbagai Olahan Camilan Tradisional Lampung salah satu yang berasal dari Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat yakni Buak Tat.

Buak Tat simpel dan anti ribet  bisa dijadikan solusi buat bunda untuk ide menu takjil ramadan maupun lebaran Idul fitri.

Sekilas makanan manis khas Pesisir Barat dan Lampung Barat ini memang mirip Nastar. Sama sama berisi selai nanas dan manis.

BACA JUGA:3 Kreasi Menu Sahur Ekonomis, Super Praktis Cocok Buat Kaum Mageran Spesial Ramadhan

Bedanya, buak tat memiliki tekstur yang lembut rasanya manis, enak dan bahan bisa dijadikan oleh oleh di daerah Liwa Kabupaten Lampung Barat atau Krui Kabupaten Pesisir Barat.

Konon, Buak Tat Camilan Tradisional Pesisir Barat ini berasal dari nama Kue Klapertart yang diperkenalkan oleh Belanda saat mereka menetap di Lampung bagian barat hingga Bengkulu.

Kemungkinan hal inilah, menjadikan Daerah Bengkulu juga memiliki kue yang bentuk dan rasanya mirip dengan Kue tat Lampung.

BACA JUGA:Ingat! Ini 3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Untuk memudahkan penyebutan masyarakat Pesisir Barat Lampung cukup menyebutnya Buak Tat.

Meski bentuknya begitu sederhana, namun makna yang disampaikan oleh camilan tradisional Pesisir Barat ini begitu dalam.

Menghidangkan buak tat dipercaya sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu. Tak heran jika masyarakat Lampung Barat, Pesisir Barat dan sekitarnya menganggap camilan tradisional ini istimewa.

BACA JUGA:Mau Daftar Formasi CPNS Kejaksaan 2024? Ini Tahapan Seleksi yang Bakal Ditempuh Peserta Lengkap Syaratnya

Para wanita Lampung biasanya membuat buak tat sat melakukan kegiatan rewang atau manjau. Mereka bekerja bahu membahu untuk menyiapkan hidangan spesial ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: