Direlokasi ke Lanud BNY, Pesawat Skyhawk Dinaikkan Truk Trailer Lintasi Jalinsum Tulang Bawang

Direlokasi ke Lanud BNY, Pesawat Skyhawk Dinaikkan Truk Trailer Lintasi Jalinsum Tulang Bawang

Lanud BNY merelokasi monumen pesawat A-4 Skyhawk-Penerangan Lanud BNY-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Monumen pesawat A-4 Skyhawk milik Pemkab Tulang Bawang akhirnya benar-benar direlokasi ke Pangkalan Udara (Lanud) Pangeran M Bun Yamin (BNY).

Untuk memindahkan pesawat tersebut, Lanud BNY bersama stakeholder terkait menggunakan satu unit truk trailer dan bantuan alat berat crane. 

Pemindahan monumen pesawat A-4 Skyhawk tersebut dipimpin langsung oleh Danlanud Pangeran M Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto

Pesawat A-4 Skyhawk tersebut dipindahkan dengan sangat hati-hati. Pasalnya, untuk mengangkat pesawat ini ke truk trailer pengangkut harus menggunakan crane. 

BACA JUGA:3 Kesalahan Fatal dalam Pengajuan Pinjol Syariah yang Sering Dilakukan Nasabah, Cek Apa Saja?

Tidak hanya saat memindahkannya ke truk trailer, saat melintas di Jalan Lintas Timur Sumatera Tulang Bawang para prajurit yang terlibat juga harus berhati-hati. 

Hal itu karena kontur wilayah yang naik turun, berliku, dan terdapat pepohonan besar dipinggir jalan. 

Para prajurit Lanud BNY dan Skadron Teknik 044 Makassar yang terlibat dalam upaya relokasi ini juga turut dibantu personel Polres Tulang Bawang. 

Personel Polres Tulang Bawang sendiri bertugas melakukan rekayasa arus lalu lintas sejauh 14 Km: dari Kantor Pemkab Tulang Bawang Tiuh Tohou ke Lanud BNY di Kampung Astra Ksetra.

BACA JUGA:Kembangkan Budidaya Teknologi BBM, Pringsewu Perbaiki Lahan Kritis dan Tingkatkan Produktifitas Padi

Danlanud BNY Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto mengatakan, relokasi tersebut diharapkan dapat lebih efektif keberadaannya. 

"Jadi relokasi monumen pesawat A-4 Skyhawk ke taman depan Lanud BNY ini diharapkan juga dapat menjadi kebanggaan dan menumbuhkan minat kedirgantaraan bagi masyarakat Lampung," kata Yosi, Kamis 28 Maret 2024.

Letkol Yosi melanjutkan, pengerjaan pembangunan pondasi dan pengecoran dudukan monumen pesawat A-4 Skyhawk sendiri telah dilakukan sejak dua minggu lalu. 

Monumen pesawat ini akan menempati lokasi baru yang akan menjadi kebanggaan dan memperindah Lanud BNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: